PSSI bakal gelar turnamen pramusim Liga 1, penonton bisa 'nribun'

Rabu, 25 Mei 2022 | 09:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar turnamen pramusim sebelum mengadakan kompetisi Liga 1 2022-2023. Menurut rencana, kompetisi Liga 1 musim depan akan bergulir pada 27 Juli 2022.

Kehadiran turnamen pramusim ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh peserta Liga 1. PT LIB menyatakan sudah berdiskusi dengan klub-klub peserta Liga 1 ihwal mekanisme dan regulasi. Meski demikian, PT LIB yang merupakan operator Liga 1 menyatakan komunikasi tersebut baru tahap awal.

"Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim Liga 1 dan Liga 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kami terus matangkan hal ini," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dikutip dari laman PSSI, Selasa (24/5/2022).

Rencananya, kata Iriawan, turnamen pramusim akan diselenggarakan pada pertengahan Juni hingga Juli. Pada turnamen tersebut PSSI membuka opsi para penonton bisa melihat langsung tim kesayangannya bermain di stadion alias 'nribun'.

Namun, untuk jumlah penonton yang bisa hadir di stadion belum diputuskan, termasuk soal vaksinasi Covid-19 atau booster.

"Kami akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19 dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kami akan ikuti apa yang diputuskan oleh pemerintah," ujar dia.

Musim lalu, turnamen pramusim bernama Piala Menpora yang digelar pada 21 Maret hingga 25 April 2021. Turnamen tersebut berlangsung di empat kota, yakni Bandung, Yogyakarta, Surakarta, dan Malang.

Turnamen yang berlangsung saat pandemi Covid-19 tersebut tanpa dihadiri oleh penonton. Pertandingan pramusim itu sekaligus menjadi uji coba pelaksanaan protokol kesehatan sebelum dimulainya Liga 1 musim 2021-2022.

Semua peserta Liga 1 saat itu mengikuti turnamen pramusim, kecuali Persipura Jayapura. Persija Jakarta tampil sebagai juara setelah di pertandingan final mengalahkan Persib Bandung dengan skor 4-2. kbc10

Bagikan artikel ini: