12 mahasiswi asing menarikan tari glipang & sparkling

Selasa, 31 Agustus 2010 | 10:28 WIB ET
GM Surabaya Plaza Hotel Yusak Anshori (baju putih) berpose bersama Dra Diaztiarni Azhar, Ketua Tydif Studio & Suyud, Penasehat Program BSBI
GM Surabaya Plaza Hotel Yusak Anshori (baju putih) berpose bersama Dra Diaztiarni Azhar, Ketua Tydif Studio & Suyud, Penasehat Program BSBI

SURABAYA, kabarbisnis.com: Rancaknya musik tradisional Jawa mewarnai lobi Surabaya Plaza Hotel (SPH) kemarin pagi. Beberapa kerumunan pengunjung tampak heran melihat bule-bule memakai pakaian tradisional yang meriah. Pemandangan unik di Senin pagi itu adalah bagian dari program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) yang diberikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia sebagai salah satu program gabungan pendidikan dan promosi sosial budaya.

Bule-bule tadi adalah 12 mahasiswi asing penerima BSBI tersebut, dan mereka mempertunjukkan dua tarian tradisional sebagai bagian dari evaluasi proses pendidikan dan pelatihan budaya yang mereka terima selama menjalani program beasiswa tersebut di Surabaya. Berasal dari 12 negara yang berbeda yaitu Thailand, Vietnam, Jerman, Timor Leste, Vanuatu, Fiji, Solomon Island, Afrika Selatan, Samoa, Tuvalu, Rusia, dan Indonesia sendiri (Lampung), mereka sedang menjalani bagian dari tiga bulan periode beasiswa mereka, dan kini, memasuki tahap evaluasi pertama setelah berjalan hampir satu bulan lamanya.

Terdapat dua tarian yang ditampilkan oleh mahasiswi ini dengan durasi masing-masing lima menit dan ditarikan oleh dua kelompok mahasiswa, enam mahasiswa pria dan enam mahasiswa wanita. Kelompok pria membawakan tarian Glipang, tarian dari Probolinggo yang menggambarkan ungkapan syukur prajurit atas segala kenikmatan yang diberikan Tuhan dan penyertaan-Nya selama perang, sedangkan enam mahasiswa wanitanya membawakan tarian Sparkling, tari yang menjadi ikon kota Surabaya, yang menggambarkan kelincahan dan keceriaan masyarakat Surabaya dalam menyambut datangnya para wisatawan yang datang ke Kota Pahlawan ini.

Ketika ditanya tentang tantangan tersendiri setelah selama kurang lebih 1 bulan melatih 12 mahasiswa ini, Dra. Diaztiarni Azhar, Pimpinan Produksi dalam Pelatihan dan Pengenalan Seni Budaya Jawa Timur ini mengatakan, “Melatih mereka yang berasal dari berbagai latar belakang itu yang susah. Hanya enam orang yang mempunya background sebagai penari, sedangkan sisanya, meskipun berasal dari latar belakang pendidikan seni, tapi bukan penari, ada yang pelukis, penyanyi, penggubah lagu, dan mahasiswa bahasa. Ini yang memberikan tantangan tersendiri bagi pelatih. Namun, mereka sangat tekun dan antusias sekali, sehingga keseriusan mereka menjadikan proses pelatihan ini berjalan lancar dan juga menyenangkan di saat yang bersamaan,” ujarnya ketika ditanya seusai pertunjukan.

Di sisi lain, Mervina Fatima Zehra, Business Communication Executive SPH mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga bisa menjadi tuan rumah ajang pertunjukan seni yang unik seperti ini. “Kami sebisa mungkin berdiri bersanding dengan Surabaya dalam mempromosikan kekayaan budaya kota yang menurut saya sangat patut untuk diekspos baik secara nasional dan internasional; dan sebuah kebanggan tersendiri bagi SPH bisa menjadi bagian dari program berskala internasional ini,” lanjutnya.

Prime Plaza Hotels & Resorts merupakan sebuah jaringan perhotelan berstandar internasional, terdiri dari kategori Plaza dan Dynasty yang menyediakan fasilitas dan akomodasi wisata, bisnis dan pertemuan yang berkualitas di berbagai lokasi terpilih di Indonesia. Mulai dari akomodasi yang nyaman dan menyenangkan di berbagai daerah wisata hingga hotel bisnis yang efisien, Prime Plaza Hotels & Resorts merupakan “The Signature of Indonesian Hospitality”.

Surabaya Plaza Hotel dengan motto “Yes, I Care!” terletak di pusat kota dan bersebelahan dengan Surabaya Plaza merupakan satu-satunya hotel berbintang empat yang seluruh kamarnya suite. Dengan 210 kamar yang terdiri dari perbagai tipe kamar yang ditawarkan mulai Junior Suite, Business Suite, Deluxe Suite dan Presidential Suite, Surabaya Plaza Hotel merupakan sebuah hotel yang memberikan layanan dan fasilitas bertaraf internasional bagi kalangan usahawan di Surabaya dan Indonesia umumnya. kbc7

Bagikan artikel ini: