LPPM ITS raih penghargaan Ristek

Rabu, 15 September 2010 | 18:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih penghargaan dari kantor Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek). Lembaga ini mendapat penghargaan untuk kategori inovasi terbaik 2010.

Anugerah ini merupakan buah dari kiprah LPPM ITS, dimana sepanjang tahun ini sudah mematenkan 50 karya penelitian terbaiknya.

Selain itu, pada akhir 2009, lebih dari 295 jurnal ilmiah internasional telah diterbitkan. Bahkan, beberapa kali lembaga ini menerima hibah dan amanah untuk mengerjakan penelitian tertinggi di Indonesia yang dibawahi langsung Kantor Ristek.

“Pihak Kementerian Ristek menyurvei langsung lembaga-lembaga riset nasional sebelumnya,” kata Prof ketua LPPM ITS , Ir I Nyoman Sutantra MSc PhD di Surabaya, Rabu (15/9/2010).

Sebelum disurvei, ungkapnya, lembaga-lembaga tersebut diharuskan untuk mengirimkan data-data hasil penelitian yang sudah dipatenkan terlebih dahulu.

“Kami mengaku bangga akan penghargaan yang diperoleh LPPM ITS. Karena untuk memperoleh penghargaan inovasi ini, sebuah lembaga penelitian harus memunyai hasil penelitian yang sudah dipatenkan” katanya.

Dengan segala prestasi dan sistem yang sudah cukup mumpuni tersebut, alhasil LPPM ITS berhasil menyabet penghargaan inovasi terbaik oleh Kementerian Ristek.

“Hal ini dalam rangka Hari Kebangkitan Iptek, award ini mampu memacu lembaga penelitian bangsa ini. Ini bukanlah awal dari prestasi LPPM ITS. Ke depannya, LPPM akan semakin mengoptimalkan riset dan pengabdian masyarakat,” tutur Nyoman.

Dalam event ini, selain LPPM ITS, tiga lembaga lain juga meraih penghargaan dari Menristek, yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan dua lembaga dari Institut Teknologi Bandung (ITB). kbc12

Bagikan artikel ini: