Omset bisnis MLM diprediksi capai Rp9 triliun

Selasa, 29 Maret 2011 | 11:47 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bisnis penjualan langsung atau yang lebih dikenal dengan MLM (Multi Level Marketing) terus bertumbuh. Tahun ini omsetnya diprediksi meningkat menjadi lebih dari Rp 9 triliun. Pada 2009, omset industri MLM mencapai Rp7,5 triliun dan pada 2010 sebesar Rp8 triliun.

Ketua Bidang Organisasi Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Kany V Soemantoro mengatakan, dari jumlah tersebut, produk kecantikan dan suplemen kesehatan paling mendominasi. Tahun 2009 lalu jenis beauty product omsetnya mencapai Rp 1,2 triliun dan tahun 2014 mendatang bisa meningkat menjadi Rp 1,6

triliun.

"Bisnis MLM terus meningkat seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk khusus seperti suplemen kesehatan, kecantikan dan lainnya yang hanya bisa dilakukan lewat direct selling. Produk tersebut lebih efektif melalui MLM karena perlu penjelasan langsung dan lebih detil," ujar Keny.

Potensi bisnisnya sendiri sangat menjanjikan karena makin tinggi kesadaran masyarakat Indonesia tentang kesehatan. "Tren peningkatan tidak hanya di Indonesia melainkan secara global.

Indikasinya, peningkatan penjualan pasar prodak kecantikan anti-aging di dunia tahun 2010 lalu sebesar US$115 miliar dan tahun 2015 diprediksi melonjak menjadi US$291,5 miliar. Jumlah yang sangat fantastis," jelasnya. kbc5

Bagikan artikel ini: