loading...
Kategori
UmumPolitik
Mode Baca

Melancong 4 negara, Komisi I DPR dikecam

Online: Kamis, 14 April 2011 | 19:37 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kunjungan Komisi I DPR ke luar negeri yang menelan beaya Rp 4,5 miliar, dikecam. Mengingat melancong ke empat negara, sangat menyakiti rakyat yang hidup serba kekurangan, banyak gedung sekolah amburadul dan banyak rakyat kecil tak mampu berobat ke rumah sakit. Bahkan jalan-jalan ke mancanegara ini, sebagai bentuk pemborosan pajak publik.

"Diam-diam anggota DPR komisi I, pada Rabu (13/4) berangkat pelisiran ke luar negeri. Mereka kunjungi AS, Turki, Rusia, dan Perancis," papar ata Uchok Sky Khadafi, Kordinator investigasi dan Advokasi FITRA, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/4/2011).

Selama beberapa hari berada di Perancis, anggota dewan menghabiskan biaya Rp 1,4 miliar. Tiga negara lainnya, Turki, Rusia, dan Amerika Serikat menjadi negara tujuan berikutnya yang dibagi-bagi ke beberapa tim.

Rinciannya, lanjut dia, setelah Perancis, plesiran akan dilanjutkan tim kedua ke Turki dengan biaya Rp 879 juta, disusul Rusia Rp 1,2 miliar dan terakhir AS pada awal Mei sebesar Rp 994 juta.

"Ini jelas-jelas suatu perkerjaan pemborosan yang tidak bisa dimaafkan, karena anggaran yang mereka pergunakan adalah anggaran dari pajak publik," komentarnya

Ketimbang plesiran ke luar negeri, Komisi I seharusnya menjaring aspirasi konstituennya di daerah pemilihan masing-masing. Kunjungan ke empat negara ini pun diyakini Fitra tidak akan membawa dampak baik bagi pembahasan RUU maupun kinerja DPR.

Fitra mengungkapkan ada 98 anak tidak mampu yang bisa mendapatkan beasiswa hingga ke perguruan tinggi. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengumpulkan duit agar anak bisa lulus sampai ke perguruan tinggi, sementara DPR menghabiskannya dalam sebulan masa reses sebesar Rp4,5 miliar, katanya.

Apalagi, keberangkatan wakil rakyat ini, tidak ada pengumuman yang resmi dari DPR. Dan hal ini menandakan DPR seperti sebuah lembaga yang tidak punya tanggungjawab, ucapnya.Kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/2/2014
12.143
IHSG
10/2/2014
5.044,22
-96,69 (-1,92%)