loading...
Kategori
UmumPolitik
Mode Baca

Pendukung Sri Mulyani di Jatim deklarasikan diri

Sri Mulyani dinilai kapabel untuk wujudkan Indonesia bersih

Online: Minggu, 22 Mei 2011 | 15:39 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Gerakan mendukung mantan Menteri Keuangan yang kini menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati (SMI), untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2014 kian meluas. Gerakan pendukung SMI salah satunya tergabung dalam wadah Solidaritas Masyarakat Indonesia untuk Keadilan (SMI Keadilan).

Sekjen Dewan Pimpinan Nasional SMI Keadilan, Dony Ardyanto, mengatakan, gerakan ini kini terus berkembang dan meluas. Sejauh ini sudah ada di empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung, dan Jawa Timur. Sejumlah provinsi juga sudah menyiapkan deklarasi.

"SMI Keadilan adalah gerakan melawan pembusukan politik, gerakan yang menempatkan etika publik sebagai lambaran utama dalam pikir dan gerak," ujar Dony di sela-sela deklarasi SMI Keadilan Jawa Timur di Surabaya, Minggu (22/5/2011).

Dia mengatakan, SMI Keadilan beranggotakan warga masyarakat dari berbagai kalangan. "Kami berasal dari latar belakang pendidikan, profesi, sosial, agama dan ekonomi yang berbeda-beda, namun hal itu tidak menjadi halangan untuk bekerja sama mewujudkan keadilan. Kita tidak lagi pada tahapan mencari keadilan, tapi kita mengupayakan keadilan bagi mereka yang mencarinya," ujarnya.

Salah seorang inisiator SMI Keadilan, Rocky Gerung, mengatakan, Sri Mulyani adalah sosok yang telah terbukti jujur, tegas, dan mampu untuk menjadi pemimpin. Dia mengorbankan dirinya sendiri, meski harus difitnah kanan-kiri oleh kekuatan politik yang busuk, hingga akhirnya SMI "disingkirkan".

"Dia (SMI) boleh tidak ada di sini, di tengah-tengah kita, tapi pikiran keadilan di antara kita tidak akan pernah bercerai," ujar dosen Universitas Indonesia tersebut.

Rocky menuturkan, SMI Keadilan adalah gerakan yang ingin mengampanyekan kejujuran, kesantunan, etika, dan kesederhanaan dalam berpolitik. "Kita tidak punya dana besar. Kita berangkat dengan kesederhanaan agar matahari tak tenggelam di republik ini. SMI Keadilan adalah gerakan melawan politik busuk. Kita di sini tidak bicara tukar-tambah rekening, tapi tukar-tambah ide," ujarnya.

Ketua SMI Keadilan Jatim, Uyung Sulaksana, menambahkan, setelah deklarasi, SMI Keadilan Jatim akan langsung berkonsolidasi. Pihaknya akan mengorganisasikan para anggota sekaligus memperluas dan menambah jaringan hingga ke kabupaten/kota. "Di banyak kalangan, orang-orang sudah memahami siapa Sri Mulyani. Dia adalah simbol dari penegakan etika publik di tengah kian terpuruknya integritas dunia politik Indonesia," ujar Uyung. kbc7

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
12/19/2014
12.512
IHSG
12/18/2014
5.113,35
77,70 (1,52%)