loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Besarnya laba suvenir primitif dari Ngawi

Online: Rabu, 01 Juni 2011 | 14:10 wib ET

NGAWI, kabarbisnis.com: Jika Anda melewati rangkaian jalan berkelok yang menghubungkan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, ke Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pasti akan berjajar para perajin-perajin kayu.

Salah satunya adalah Galeri Jati Aji. Galeri ini memproduksi suvenir primitif. Suvenir primitif?

"Ya, saya menyebutnya suvenir primitif. Bukan saja karena bentuknya patung-patung hewan-hewan langka, tapi karena pembuatannya dari serpihan-serpihan kayu yang tak dipakai, yang sebenarnya sudah dibuang," ujar Miyadi, pemilik galeri tersebut.

Suvenir primitif karya Galeri Jati Aji ini beragam rupa, mulai dari bentuk burung merak, macan, hingga komodo. Selain itu, ada model-model petani dalam berbagai pose. "Pengerjaannya tak rumit karena kami sudah terlatih. Biasanya sekitar empat hari. Harganya bervariasi mulai Rp300.000 sampai Rp2 juta, bergantung kerumitannya," jelasnya.

Dari bisnis suvenir primitif ini, galeri milik Miyadi terus berkembang. Tak hanya memproduksi kerajinan-kerajinan "primitif", Miyadi juga menghasilkan gembol ukir dan bubut alam. Gembol ukir dibuat dari akar kayu jati.

Harga gembol ukir lebih mahal, bisa mencapai Rp3 juta untuk yang berukuran besar. Biasanya dibuat untuk meja maupun kursi di rumah maupun kafe.

"Pembeli kami mayoritas dari luar kota, seperti Jakarta dan Bali. Kami menyewa truk untuk mengirim barang," ujar Miyadi.

Saat ini galeri milik Miyadi sudah mempunyai lima pekerja. Jika order banyak, akan ada tambahan pekerja musiman. "Tambahannya bisa empat atau lima atau bahkan lebih, tergantung pesanan," ceritanya.

Berapa marjin dari bisnis ini? "Lumayanlah. Kalau untuk suvenir, cukup besar karena bahan bakunya kan mudah. Bahkan sebagian besar gratis, karena dari kayu-kayu serpihan yang sudah tak dipakai. Kalau bicara besarnya, ya cukuplah," ujarnya merendah.

Dalam sebulan, galeri yang menempati ruangan sekitar lima kali enam meter ini meraup omset sekitar Rp15 juta.

Galeri Jati Aji ini beralamat di Jalan Raya Ngawi-Solo Kilometer 16, Banjarejo, Ngawi, Jawa Timur. kbc4

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/26/2014
12.220
IHSG
11/26/2014
5.133,04
14,09 (0,27%)