loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

PKBL BUMN Expo incar omset Rp15 M

Online: Senin, 06 Juni 2011 | 14:24 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Makin berkembangnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membuat BUMN mulai melirik SMK untuk menjadi mitra penyaluran dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Inilah juga yang melandasi penyelenggara pameran PKBL BUMN Expo 2011 untuk menggandeng siswa siswi SMK untuk menjadi target penyaluran dana PKBL.

"Ini kami maksudkan untuk mendorong produktivitas kaum muda ke arah ekonomi kreatif. Perusahaan-perusahaan BUMN juga diharapkan mulai berpikir untuk memberikan dana kemitraan kepada lulusan-lulusan SMK," kata Meutia Anggraini, Project Manager PT Selaras Dwi Artistik, penyelenggara PKBL BUMN EXPO, di sela jumpa pers pembukaan PKBL BUMN EXPO, di Gramedia Expo, Surabaya, Senin (6/6/2011).

Ia menambahkan, tidak banyak orang tahu siswa-siswi SMK telah banyak membuat produk yang mendukung ekonomi kreatif, namun terhenti pada saat mereka lulus sekolah karena ketiadaan modal kerja.

Pameran PKBL tahun ini selain menampilkan karya-karya mitra binaan BUMN, juga karya-karya dari SMK. Diharapkan dengan PKBL BUMN EXPO ini pihak SMK dan Program Kemitraan BUMN dapat bersinergi untuk mulai mengembangkan produk-produk kreatif, sehingga begitu lulus SMK dapat menjadi mitra binaan.

Sementara itu, Koordinator PKBL BUMN Jawa Timur, Wasis Pramono, menambahkan SMK yang menjadi sasaran baru dalam penyaluran dana kemitraan BUMN tahun ini dimaksudkan juga untuk menumbuhkan perekonomian khususnya pengusaha dan calon pengusaha kecil lulusan SMK.

"Selama ini dana bantuan untyk SMK hanya kita berikan dana Bina Lingkungan, nantinya kami ingin bisa juga memberikan dana Program Kemitraan yang jauh lebih besar," katanya.

Pameran yang sudah diselenggarakan ketiga kalinya ini, berlangsung mulai 8-12 Juni 2011 di Gramedia Expo Surabaya. Meutia sendiri menargetkan Expo kali ini menargetkan transaksi Rp 15 miliar. Naik Rp 5 miliar dari tahun sebelumnya.

Pameran tahun ini diikuti 150 peserta yang memamerkan ragam busana, craft, makanan, aksesoris, lukisan, serta aneka produk kreatif lainnya. Kbc8

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/20/2014
11.989
IHSG
9/19/2014
5.227,58
19,44 (0,37%)