loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Songkok Haji Samsul raup miliaran rupiah

Online: Senin, 13 Juni 2011 | 13:23 wib ET

GRESIK, kabarbisnis.com: Kabupaten Gresik, Jawa Timur, selama ini dikenal sebagai salah satu sentra industri songkok rumahan. Dari bisnis songkok ini, banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kabupaten tersebut yang bergeliat. Salah satunya adalah Haji Samsul yang memproduksi songkok merek Mitra dan Fahmi. Basis produksi Haji Samsul ada di Desa Peganden, Manyar, Gresik.

Haji Samsul mengatakan, dirinya merintis bisnis songkok ini sejak 15 tahun lalu. Dari semula produksi hanya tiga atau empat kodi dalam sebulan (satu kodi terdiri atas 20 buah songkok), kini produksi songkok Haji Samsul sudah mencapai 300 kodi. Satu kodinya dijual berkisar Rp500.000-Rp800.000.

Itu artinya, omset minimal per bulan Haji Samsul mencapai Rp150 juta atau Rp1,8 miliar dalam setahun. Itu omset minimal, karena harga per kodinya bervariasi tergantung jenis dan motif songkok.

Berapa marjin keuntungan bisnis ini? "Alhamdulillah, lumayan," kata Haji Samsul merendah.

Dia mengatakan, permintaan paling banyak akan datang pada bulan Ramadan. Saat itu, permintaan songkok bisa naik hingga dua kali lipat. Pada masa-masa puncak itu, Haji Samsul kerap menambah tenaga kerja musiman. Saat ini pekerja tetap Haji Samsul mencapai 40 orang.

"Kalau Ramadan biasanya menambah sepuluh orang lagi, atau bahkan bisa dua puluh orang," jelas Haji Samsul.

Ke mana saja songkok Mitra dan Fahmi bikinan Haji Samsul dipasarkan? "Kita banyak distribusikan ke kawasan Indonesia timur, seperti Makassar. Selain itu kita banyak kirim barang ke Semarang, Jakarta, Bogor, dan Bandung. Untuk wilayah Jatim malah sangat minim," kata Haji Samsul. kbc5

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/20/2014
11.989
IHSG
9/19/2014
5.227,58
19,44 (0,37%)