loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Meraup duit miliaran dari anyaman pandan

Online: Senin, 27 Juni 2011 | 13:45 wib ET

LAMONGAN, kabarbisnis.com: Tanaman pandan ternyata membawa berkah bagi sebagian penduduk Lamongan, Jawa Timur. Dari tanaman dengan daun memanjang seperti daun palem ini, warga Lamongan bisa meraup omset hingga miliaran rupiah. Warga menyulap tanaman panjang menjadi kerajinan anyaman yang memukau, mulai dari tas, tikar, hingga untuk tempat sampah.

Hingga saat ini, terdapat sekitar 653 unit usaha yang bergerak dalam bidang usaha ini dengan kapasitas produksi 7.836 unit produk per bulan. Penyerapan tenaga kerjanya mencapai 1.959 orang yang tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Tikung dan Mantup.

Selain menganyam pandan, unit-unit usaha tersebut juga membuat kerajinan anyaman bambu. Berdasarkan data Pemkab Lamongan yang diolah kabarbisnis.com, transaksi perdagangan ini dalam setahun bisa mencapai Rp 5,6 miliar.

Hamzah Kurniawan, misalnya, menekuni bisnis ini dalam tiga tahun terakhir. "Potensi di bidang usaha ini sangat tinggi, terutama karena permintaan pasar yang cukup besar dari berbagai kota di Jawa dan luar Jawa," ujarnya, Senin (27/6/2011).

Kerajinan anyaman yang memakai bahan dasar dari pandan yang dikembangkan Hamzah terutama menyasar segmen pasar perempuan. Dia memproduksi dompet perempuan, tempat foto, sandal perempuan, hingga tas.

"Itu produksi utama kami. Namun, kami juga memproduksi tikar dan tempat sampah," tuturnya.

Meski sempat mengalami pasang surut karena banyaknya produk sejenis yang berasal dari kulit asli maupun kulit tiruan, Hamzah tak patah semangat. Tangan dinginnya membuat bisnis skala rumahan ini berkembang pesat.

Hamzah kini sudah mempunyai 10 orang pekerja. Omset yang dibukukan lumayan jumbo, yaitu Rp150 juta per bulan.

Berapa marjin keuntungannya? Hamzah memberi ancar-ancar sekitar 20%. "Dari bisnis ini saya bisa buka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan bisa menyekolahkan anak sampai lulus kuliah," ujar pria 47 tahun tersebut. kbc5

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
12/19/2014
12.461
IHSG
12/19/2014
5.144,62
31,28 (0,61%)