loading...
Kategori
Aneka BisnisTop Figure
Mode Baca

Ratu tambang Australia calon orang terkaya sejagat

Online: Kamis, 30 Juni 2011 | 09:39 wib ET

BISNIS Gina Rinehart terus melambung. Perempuan asal Australia ini disebut Citigroup tengah berada dalam jalur untuk menyalip Carlos Slim dan Bill Gates, dua orang paling tajir dunia dengan kekayaan masing-masing US$74 miliar dan US$56 miliar.

Siapa Gina? Perempuan kelahiran 9 Februari 1954 ini bernama asli Georgina Hope Rinehart, tapi akrab disapa Gina Rinehart.

Dia menguasai proyek tambang bijih besi yang kini telah menjadikannya sebagai orang paling berduit di Australia dengan nilai kekayaan US$11 miliar.

Rinehart adalah pengusaha bijih besi di Negara Bagian Western Australia. Booming sektor komoditas telah mengantarkan istri dari seorang pengacara yang telah tiada ini bergelimang harta.

Dia kini menakhodai Hancock Prospecting setelah ayahnya meninggal pada Maret 1992. Namun, ia perlu waktu 14 tahun untuk menguasai Hancock karena harus berseteru dengan ibu tirinya. Rinehart memenangkan gugatan di pengadilan dan akhirnya menguasai Hancock.

Pelan tapi pastim Rinehart membawa bisnisnya melambung tinggi. Laporan Citigroup Global terbaru bertajuk Laporan bertajuk Generation Next menunjukkan betapa kayanya Rinehart. Laporan tersebut mengevaluasi proyek pertambangan di seluruh dunia.

Perusahaan tambang milik Rinehart berada di posisi kelima perusahaan tambang terbesar sejagat di bawah BHP Billiton, Rio Tinto Group, Xstrata, dan Anglo American.

Yang membuat Rinehart menjadi calon orang terkaya sejagat adalah dia menguasai aset perusahaannya nyaris seorang diri. Sementara perusahaan lainnya adalah perusahaan terbuka yang dimiliki oleh banyak pemegang saham.

Menurut laporan itu, Hancock memiliki tiga proyek yang belum dijalankan. Pertama, tambang Kevin`s Corner di Queensland yang akan mulai produksi pada 2013. Proyek ini mempunyai cadangan 30 juta ton batubara dan 563.000 ton tembaga.

Proyek kedua adalah Roy Hill, proyek bijih besi di Australia Barat yang direncanakan mulai berproduksi pada 2014. Tambang ini berkapasitas 55 juta ton bijih besi per tahun dan 688.888 ton tembaga per tahun.

Proyek ketiga adalah Alpha Coal di Queensland yang juga bakal mulai berproduksi pada 2014. Wilayah tambang ini mempunyai kemampuan produksi 30 juta ton batubara per tahun dan 563.000 ton bijih besi.

Tiga proyek ini tentunya akan menarik minat perusahaan lain untuk joint venture, sebagaimana Rinehart menerima pinangan Rio Tinto saat proyek bijih besi di Hope Downs. Hingga kini, proyek tersebut masih terus menambah ketinggian bukit harta Rinehart.

Tahun lalu, daftar BRW Rich 200 menobatkan Rinehart sebagai perempuan terkaya Australia dengan estimasi kekayaan mencapai 4,75 miliar Australia. Forbes Australia melakukan hal sama meski mempresikdikan kekayaan sebenarnya mencapai 9 miliar dolar Australia. kbc3

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/22/2014
12.013
IHSG
10/22/2014
5.074,32
44,98 (0,89%)