loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Tampar pisang perkuat produk hilir UMKM

Online: Kamis, 07 Juli 2011 | 16:10 wib ET

LUMAJANG, kabarbisnis.com: Pengembangan produk hilir atau turunan dari sebuah komoditas perlu dilakukan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini penting agar setiap potensi bisnis bisa dimaksimalkan dan memberi nilai tambah bagi UMKM.

Demikian pula yang dilakukan oleh UMKM-UMKM yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Oleh tim dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, mereka dilatih untuk memaksimalkan pelepah daun pisang menjadi berbagai macam ornamen dan kerajinan yang mempunyai nilai ekonomi.

"Pelepah pisang bisa diolah lagi menjadi barang kerajinan yang punya nilai ekonomi. Dengan demikian, mata rantai produksi UMKM bisa semakin bertambah, tidak hanya pada komoditas primer saja," ujar fungsionaris Kadin Jatim Puguh Iryantoro kepada kabarbisnis.com, Kamis (7/7/2011).

Potensi kerajinan dari pelepah pisang atau tampar pisang ini cukup besar di Lumajang, mengingat Lumajang adalah sentra pisang di Jawa Timur. Produksi pisang Lumajang mencapai ratusan ribu ton per tahun. Bahan baku pisang melimpah karena tanaman pisang dikembangkan oleh banyak warga, baik untuk kepentingan ekonomi maupun dikonsumsi sendiri.

"Di Lumajang, pisang bisa dikatakan hampir ada di setiap pekarangan rumah. Bahan baku yang melimpah ini harus dijadikan modal untuk memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat di luar produk berbasis pisang yang selama ini sudah ada di Lumajang," tuturnya.

Selama ini produk berbasis pisang yang sudah ada di Lumajang, antara lain, pisang dalam bentuk buah, keripik pisang, dan berbagai makanan dari bahan dasar pisang. Selain itu, kini juga coba dikembangkan tepung berbasis pisang.

Pelatihan UMKM di Lumajang ini merupakan rangkaian dari pelatihan UMKM se-Jatim yang dilakukan Kadin Jatim. Sejak akhir Mei lalu, tim dari Kadin Jatim berkeliling ke semua kabupaten/kota di Jatim untuk membangun daya saing UMKM. Berbagai model pelatihan diberikan. Total ada 20 aktivitas pelatihan dan penguatan UMKM yang dilakukan Kadin Jatim untuk semua kabupaten/kota di Jatim. Program ini gratis dan bisa diikuti siapa pun. kbc5

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/25/2014
12.069
IHSG
10/24/2014
5.073,07
-30,45 (-0,60%)