loading...
Kategori
UmumOlah Raga
Mode Baca

La Nyalla desak PSSI adil sikapi konflik Persebaya

Online: Sabtu, 10 September 2011 | 00:43 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ketua Pengprov PSSI Jawa Timur (Jatim) yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, berharap agar PSSI bisa bersikap adil dalam menyikapi dualisme kepengurusan di tubuh Persebaya Surabaya.

La Nyalla menilai, selama ini PSSI terkesan memihak Persebaya versi Cholid Goromah. Padahal, sebagai induk organisasi, PSSI semestinya bersikap netral. Jika PSSI masih condong dan mengesahkan PSSI versi Cholid Goromah, La Nyalla akan membawa masalah ini ke AFC.

Menurut La Nyalla, keputusan PSSI yang condong berpihak ke Cholid sangat keliru. Pasalnya, yang didaftarkan Cholid adalah hasil merger antara Persebaya 1927 dengan Persebaya Divisi Utama (DU). Persebaya DU sendiri telah diambil alih Cholid melalui Musyawarah Anggota Luar Biasa (Musanglub).

"Masalahnya, Musanglub itu tidak sah. Bagaimana mau Musanglub kalau pada tanggal 30 Juli Wisnu Wardhana sudah membentuk PT," tegas La Nyalla di Surabaya, Jumat (9/9/2011). Wisnu Wardhana adalah ketua umum Persebaya Divisi Utama.

Mekanisme yang benar adalah melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) karena Persebaya sudah berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Selain itu, aturan yang digunakan, yakni AD/ART tahun 2002 sudah usang dan gugur. "Musanglub itu sudah kuno. Karena sejak keluarnya statuta PSSI 2008, semua sudah berubah dan harus ikuti statuta," lanjut La Nyalla.

La Nyalla mengatakan, jika memang Cholid atau Saleh Ismail Mukadar berniat mengikuti kompetisi, Persebaya 1927 harus dimerger dengan Persebaya DU seperti yang dilakukan tim-tim Liga Primer Indonesia (LPI) lainnya.

"Tugasnya Cholid dan Saleh itu merger, bukan merampok. Persebaya ini bisa disatukan kok. Dengan syarat Cholid dan Saleh harus mengakui ke masyarakat melalui media massa, Musanglub yang dia lakukan adalah salah," katanya lantang.

"Saya tidak membela Wisnu, tapi mencari kebenaran. Kita tinggal lihat saja PSSI memutuskan siapa yang sah. Kalau PSSI memutuskan Persebayanya Cholid, saya akan melawan selaku Komisi Hukum PSSI. Kalau perlu saya laporkan ke AFC," kata La Nyalla. kbc7

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/2/2014
12.150
IHSG
10/2/2014
5.000,81
-140,10 (-2,80%)