loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Pelatihan agroenergi untuk UMKM digelar di Situbondo

Online: Selasa, 11 Oktober 2011 | 08:06 wib ET

SITUBONDO, kabarbisnis.com: Untuk kesekian kalinya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur kembali mengadakan pelatihan tentang agroenergi dan pemanfaatan sari air laut guna pembuatan tahu nirlimbah. Kali ini pelatihan digelar di Situbondo, Minggu (9/10/2011) dengan didukung oleh Kadin Situbondo.

Pelatihan ini merupakan rangkaian program yang telah digelar Kadin Jatim di berbagai kota/kabupaten di Jatim sejak Mei lalu.

Tidak kurang dari 70 peserta yang terdiri atas SMK dan UMKM dengan antusias mengikuti pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Ketua Kadin Situbondo Harsono mengatakan, pelatihan ini sangat berguna bagi para para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. "Dan pelatihan ini merupakan pertama kalinya Kadin Jatim dan Kadin Situbondo lakukan tanpa campur tangan pihak pemda maupun instansinya. Ini merupakan terobosan yang bagus dalam memberikan ilmu sekaligus nilai tambah bagi peserta," ujarnya.

Selama ini, banyak UMKM yang tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang terbuang dalam proses produksi, tetapi sesungguhnya dapat dimanfaatkan guna menambah nilai ekonomi keluarga. "Selama ini, kami, warga Situbondo ternyata banyak membuang barang maupun limbah yang ternyata bisa menghasilkan uang. Ini menyadarkan kita akan pentingnya pelatihan ini. Kadin Situbondo akan segera menindaklanjuti agar dapat diimplementasikan" kata Harsono di sela-sela pelatihan.

Harapannya, setelah pelatihan ini, Kadin Situbondo akan sesegera

mungkin menindaklanjuti dalam pendampingan maupun pengadaan peralatan bagi UMKM guna menunjang proses produksi nirlimbah.

"Dan peluang ini memang akan membutuhkan pendanaan. Maka dari itu, Kadin juga akan segera menggandeng para investor, baik pemda setempat maupun swasta," ujarnya. kbc4

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/18/2014
11.955
IHSG
9/18/2014
5.195,35
7,17 (0,14%)