loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Teknologi tepat guna diperkenalkan ke UMKM

Online: Senin, 17 Oktober 2011 | 00:41 wib ET

NGANJUK, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur kembali mengadakan pelatihan teknologi tepat guna untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Bertempat di Rakitos Resto, Nganjuk, Sabtu 15/102/2011, pelatihan diikuti oleh sekitar 60 peserta yang merupakan UMKM di kabupaten tersebut. Ada juga perwakilan mahasiswa dan sejumlah organisasi kepemudaan.

Ketua Kadin Nganjuk, Soemitro Samadikoen, mengatakan, pelatihan ini diinisiasi Kadin Jatim bekerja sama dengan Kadin Nganjuk. Dalam pelatihan ini, peserta diperkenalkan pada teknologi tepat guna yang bisa membantu pengembangan bisnis, termasuk dengan menciptakan proses produksi tanpa limbah.

"Untuk kali ini, diperkenalkan teknologi pembuatan makanan tahu tanpa limbah. Ini sangat cocok untuk Nganjuk, karena hampir semua UMKM produsen tahu di kabupaten ini masih menghasilkan air limbah dalam proses produksi tahu," ujar Soemitro.

Dia menambahkan, kegiatan ini simpel dan memberi wacana lain. Begitu juga prosesnya yang langsung pada satu tema serta prakteknya. Pelatihan ini bermaksud memberikan alternatif usaha berupa pembuatan tahu nirlimbaj, yaitu sisa dari pembuatan tahu tersebut tidak menyisakan limbah sekaligus tanpa bahan pengawet.

"Airnya dapat dikonsumsi sebagai sari kedelai dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Begitu juga ampasnya, dapat dijadikan makanan ternak maupun ikan peliharaan," tuturnya. kbc4

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/18/2014
11.955
IHSG
9/18/2014
5.195,35
7,16 (0,14%)