Kementerian BUMN apresiasi program pelatihan UMKM

Jum'at, 21 Oktober 2011 | 09:31 WIB ET
(kabarbisnis.com/Indra Kurniawan)
(kabarbisnis.com/Indra Kurniawan)

PASURUAN, kabarbisnis.com: Rangkaian pelatihan yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus berjalan.

Yang terbaru, pelatihan agroenergi dilakukan di Desa Pateguhan, Pandaan, Pasuruan, Minggu, (16/10/2011). Namun kali ini tidak melakukan pelatihan, tetapi langsung terjun ke lapangan yang sebelumnya sudah diterapkan tentang agroenergi untuk lampu penerangan jalan dengan lampu hemat energi.

Dalam kesempatan tersebut, hadir berbagai pemangku kepentingan, mulai Kementerian BUMN, sejumlah BUMN, BUMD, dan Pemprov Jatim. "Langkah ini diharapkan memicu adanya sinergi dengan berbagai pihak untuk terus memberdayakan masyarakat," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Nelson Sembiring.

Nelson mengatakan, pelatihan yang sudah berlangsung di beberapa daerah di Jatim ini memang dimaksudkan untuk memberi pengetahuan alternatif dan value added bagi masyarakat luas.

Deputi Bidang Usaha Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Sumaryanto Widayatin, menyambut baik pelatihan yang digelar oleh Kadin Jatim. "Ini baik bagi masyarakat. Dengan pelatihan seperti ini, produk yang dihasilkan oleh ekonomi kerakyatan bisa semakin mempunyai nilai tambah," ujarnya.

Dia juga memuji pengenalan teknologi tepat guna berupa pembuatan tahu nirlimbah kepada para UMKM. "Walaupun sekilas sepertinya sepele, proses pembuatannya sudah mempraktekkan seperti green industry. Tidak memakai bahan-bahan kimia yang membahayakan. " Ini harus lebih disebarluaskan. Kalau perlu Kadin Jatim bekerja sama lintas daerah untuk mengembangkannya," ujarnya. kbc4

Download Tabloid Kabarbisnis
Bagikan artikel ini: