loading...
Kategori
Rubrik SpesialGo UKM
Mode Baca

Giat ikut pameran, transaksi UMKM naik 30%

Online: Rabu, 23 November 2011 | 11:59 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur (Jatim) tahun ini dinilai cukup berhasil dan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Ini terlihat dari realisasi transaksi ratusan UMKM yang mengikuti berbagai pameran dalam dan luar negeri sepanjang tahun ini yang mencapai Rp70 miliar. Angka tersebut naik sekitar 20% hingga 30% dibanding realisasi transaksi tahun lalu yang hanya mencapai sekitar Rp50 miliar hingga Rp60 miliar per tahun.

"Dari evaluasi yang telah kami lakukan, pencapaiannya di tahun ini cukup bagus. mereka berhasil membukukan Rp70 miliar, mengalami pertumbuhan sekitar 30% dibanding tahun lalu. Nilai transaksi tersebut sudah termasuk order pascapameran," kata Kepala Bagian Perindustrian dan Perdagangan Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim, Ahmad Basuki, saat acara Rapat Evaluasi Promosi dan Misi Dagang dan Investasi Produk Unggulan Dalam dan Luar Negeri di Hotel Satelit Surabaya, Rabu (23/11/2011).

Menurut Basuki, selama ini Pemprov Jatim selalu memfasilitasi UMKM yang dianggap memenuhi persyaratan untuk mengikuti berbagai pameran. Pada tahun ini, ada sekitar 334 UMKM yang telah difasilitasi mengikuti 23 pameran di dalam dan di luar negeri.

Dalam pelaksanaannya, Pemprov Jatim telah membentuk Tim PameranTerpadu yang terdiri dari berbagai instansi, diantaranya dari Badan Penanaman Modal Jatim, Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Biro Perekonomian sebagai Sekretaris Tim.

"Dengan adanya Tim Pameran Terpadu, UMKM yang diikutkan tidak per sektor, akan tetapi lintas sektor. Seluruhnya bisa terkoordinasikan melalui Tim ini, mulai dari UMKM sektor agribisnis, sektor garmen, makanan dan minuman dan sebagainya. Dan langkah ini sebagai upaya Pemprov Jatim untuk memacu kinerja UMKM Jatim," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Basuki juga mengimbau Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten/Kota di Jatim untuk memaksimalkan dukungan mereka terhadap UMKM yang ada di daerah masing-masing. Mengingat peran UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi daerah cukup besar.kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/1/2014
12.085
IHSG
10/31/2014
5.089,55
30,70 (0,60%)