loading...
Kategori
PropertiKomersial
Mode Baca

Kinerja properti Jatim makin melambung

Online: Rabu, 07 Desember 2011 | 10:10 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Makin membaiknya kondisi perekonomian Jawa Timur memicu pertumbuhan bisnis properti semakin tinggi. Hal ini terlihat dari rata-rata pertumbuhan kinerja pengembang yang kian kinclong di tahun ini.

Kinerja PT Ciputra Surya Tbk umpamanya, dari seluruh proyek yang ada, diperkirakan penjualannya selama 2011 seluruhnya on target, bahkan di beberapa proyek yang menjadi core business-nya seperti CitraLand dipastikan melebihi target.

Marketing Manager CitraLand Surabaya PT Ciputra Surya Tbk, Pratami Harijanti mengatakan, realisasi penjualan untuk unit rumah di CitraLand tahun ini cukup baik. Hingga Oktober 2011, realisasinya sudah mencapai sekitar 200 unit rumah atau sekitar Rp240 miliar. Padahal masih ada dua bulan yang tersisa, Nopember dan Desember yang diperkirakan penjualannya bakal mencapai Rp20 miliar hingga Rp30 miliar per bulan.

Artinya, sampai tutup tahun, diperkirakan penjualan CitraLand bakal tembus diangka Rp280 miliar hingga Rp300 miliar per tahun.

"Penjualan tahun ini memang cukup bagus karena suku bunga yang cukup bersahabat, hanya dikisaran 5% hingga 5,4%. Sehingga target penjualan yang ditetapkan sekitar Rp250 miliar per tahun, kami pastikan melebihi dari target," kata Tami, panggilan akrab Pratami Harijanti.

Penjualan terbesar adalah dari unit rumah dengan harga disekitar Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar. Sementara pembeli terbesar sudah bergeser. Jika di tahun lalu kebanyakan dari wilayah Surabaya Tengah, maka pada tahun ini lebih banyak dari wilayah Surabaya Timur dan Surabaya Barat.

"Pembeli dari luar kota dan luar pulau memang ada, tapi jumlah mereka tidak banyak. Yang terbanyak tetap dari Surabaya," katanya.

Melihat realisasi penjualan di tahun ini, Tami optimistis kinerja tahun depan bakal bertambah tinggi. Namun dengan catatan, suku bunga perbankan masih tetap dibawah 6% seperti pada tahun ini.

"Selain itu, persiapan yang kami lakukan juga lebih matang. Diantaranya dengan menyiapkan rumah ready stock. Sebab image orang sudah berubah. Kalau dulu berinvestasi di CitraLand dengan membeli kavling, maka sekarang sudah bergeser dengan membeli rumah. Berinvestasi di CitraLand ya dengan membeli rumah," ujarnya.kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/1/2014
12.130
IHSG
10/1/2014
5.140,91
3,33 (0,06%)