loading...
Kategori
Aneka BisnisTop Figure
Mode Baca

Hipmi: Atasi krisis, ciptakan pengusaha muda

Online: Kamis, 21 Mei 2009 | 10:50 wib ET

SURABAYA: Penciptaan pengusaha baru dirasakan semakin penting di tengah krisis yang belum jelas ujung pangkalnya saat ini. Pengusaha-pengusaha baru tersebut diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk menanggulangi ancaman bertambahnya pengangguran.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Erwin Aksa mengemukakan, saat ini Indonesia perlu banyak pengusaha. Semangat entrepreneurship ini mutlak diperlukan untuk menjadi bangsa yang lebih sejahtera secara ekonomis.

"Namun, semangat wirausaha ini saya rasa sangat kurang. Mulai muda semestinya ada pendidikan kewirausahaan yang lebih masif dan terprogram," ujar Erwin menjawab kabarbisnis.com di Surabaya, Kamis (21/5/09).

Secara khusus dia mencermati perlunya penciptaan pengusaha-pengusaha muda yang berada dalam usia produktif rentang 20 tahun-41 tahun. Keberadaan mereka saat ini diperlukan untuk pembangunan ekonomi bangsa dalam jangka panjang. Saat ini, sekitar 70 juta penduduk Indonesia berada dalam rentang usia produktif tersebut.

"Di Hipmi, misalnya, anggotanya sekitar 25.000-30.000. Tentu ini sangat potensial untuk terus dikembangkan agar muncul pengusaha-pengusaha muda baru," tuturnya.

Dia menilai, keberadaan anggota Hipmi dengan jumlah sekian ribu tersebut masih kurang untuk menampung seluruh tenaga kerja yang tersedia. Karena itu, menjadi mutlak kebutuhan penciptaan pengusaha baru untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja yang ada.

Erwin yang juga CEO Bosowa Corporation itu bertekad untuk terus menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda. Bagi Erwin, dengan jalan itulah generasi muda bisa memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. kbc9/kbc3

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
9/17/2014
11.975
IHSG
9/17/2014
5.188,18
57,68 (1,11%)