loading...
Kategori
KeuanganBank
Mode Baca

Bank Jatim dorong BPR-BPRS gabung Apex

Online: Kamis, 08 Maret 2012 | 08:05 wib ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) terus mendorong Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) di wilayah Jatim untuk segera bergabung dalam Apex bank (Bank Induk) perbankan Jatim.

Direktur Agrobisnis dan Usaha Syariah Bank Jatim Partono mengatakan, kerja sama program dalam Apexbank tersebut akan bisa meningkatkan likuiditas BPR dan BPRS di Jatim.

"Tahun ini kami menargetkan sedikitnya 300 BPR dan BPRS di Jatim bisa bergabung dalam Apex yang dibentuk Bank Jatim. Ini adalah komitmen kami untuk meningkatkan daya saing bank-bank tersebut dalam melayani nasabah," ujarnya.

Saat ini, dari total 343 BPR dan BPRS di Jatim baru 274 yang bergabung dalam Apex BPR. Dari yang sudah bergabung, semuanya adalah BPR konvensional, sedangkan BPRS belum bergabung karena masih menunggu penyesuaian ketentuan terkait bisnis syariah dalam Apex Bank.

Dirut BPRS Kota Mojokerto Choirudin mengatakan, pihaknya siap bergabung dengan Apex Bank Jatim asalkan prinsipnya disesuaikan dengan usaha syariah. "Kami sangat berminat untuk bergabung asalakanprinsuipnya sudah disesuaikan dengan usaha syariah. Dengan bergabung dalam Apex Bank tentunya kemampuan untuk melayani nasabah akan meningkat," katanya.

Ia menambahkan, selama ini sumber dana bank milik pemerintah Kota Mojokerto tersebut berasal setoran modal pemegang saham yang mencapai Rp 4 miliar serta Dana Pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun dari masyarakat yang julahnya Rp 2,636 miliar higga akhir 2011.

Bank Jatim sebagai Apex Bank di jatim memberikan beberapa kemudahan seperti kredit linkage dengan bunga ringan kisaran 9,75%-11,25% per tahun tergantung tingkat non performing loan (NPL) Bank bersangkutan.

Dari bunga linkage yang diberikan, BPR dan BPRS yang bergabung diharuskan menyalurkan kembali kreditnya ke masyarakat dengan bunga maksimal 24% per tahun. Bank Jatim memberikan Plafon linkage program ini maksimal 10 kali modal inti. kbc8

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/2/2014
12.150
IHSG
10/2/2014
5.000,81
-140,10 (-2,80%)