Pakuwon pastikan tahun depan TP5 mulai beroperasi

Selasa, 22 Januari 2013 | 17:26 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pakuwon Group memastikan sekitar pertengahan tahun 2014 mendatang pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 (TP5) sudah bisa dioperasikan. Hal ini menyusul bakal dimulainya pembangunan konstruksi superblok Tunjungan City dengan menggandeng BUMN konstruksi PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk.

Direktur Utama Pakuwon Group, Richard Adisastra mengatakan, saat ini pihaknya telaah menyelesaikan pembangunan ground breaking terhadap superblok yang berdiri di atas lahan seluas 7.000-8.000 meter persegi tersebut. Ia berharap dengan masuknya PT PP untuk proyek konstruksi, target perseroan agar tahun depan bisa mulai dioperasikan bisa terealisasi.

"Dengan pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki PT PP, kami percaya bahwa BUMN ini akan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sehingga tahun depan masyarakat sudah bisa melihat kokohnya bangunan yang akan menjadi ikon baru bagi Surabaya ini," kata Richard di sela penandatanganan kesepakatan antara Pakuwon Group dengan PT PP di Tunjungan Plaza 4, Selasa (22/1/2012).

Bukan hanya pusat perbelanjaan saja, pada pertengahan 2014 juga bakal dirampungkan pembangunan proyek prestisius lainnya yang ada di Tunjungan City. Richard menyebut, pembangunan perkantoran Pakuwon Center dan hotel bintang empat juga ditargetkan rampung pertengahan 2014. Sedang kondominium The Peak diharapkan kelar akhir 2014.

"Semuanya menyatu dalam satu bangunan gedung setinggi lebih dari 40 lantai. Gedung mixed use ini diyakini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia Timur," ungkap Richard.

Direktur Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi menambahkan, dengan telah dibangunnya pusat perbelanjaan TP5 seluas 23.000 meter persegi yang dinamai The Gallery tersebut, nantinya total luas pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza akan mencapai 148.000 meter persegi.

"Dengan luas sebesar itu, Tunjungan Plaza akan menjadi pusat perbelanjaan terluas dan terlengkap di kawasan Indonesia Timur yang menyasar ke semua segmen, mulai menengah bawah hingga atas dan premium," urai Sutandi.

Ia bersyukur, meski baru dilakukan pembangunan, namun minat penyewa maupun pembeli properti di superblok Tunjungan City cukup tinggi. Terbukti, pusat perbelanjaan TP5 saat ini sudah 100 persen tersewa. Mereka sebagian besar adalah brand-brand internasional. Tak hanya itu, kondominium mewah The Peak juga sudah sekitar 90 persen terjual.

"Ini menunjukkan bahwa animo konsumen terhadap proyek yang kita kembangkan cukup tinggi dan prospektif," ujar Sutandi.

Head of Operation Division III PT PP (Persero) Tbk, Lukman Hidayat mengatakan, proyek pembangunan Tunjungan City ini merupakan proyek kesekian kalinya antara pihaknya dengan Pakuwon Group. Sebelumnya, PT PP juga dipercaya Pakuwon untuk membangun apartemen EduCity di kawasan Pakuwon City di Surabaya Timur.

"Kami bersyukur menjadi bagian dari pengembangan proyek prestisius ini. Untuk itu kami berkomitmen untuk mengerahkan SDM terbaik kami agar rampung sesuai waktu yang ditargetkan," papar Lukman yang menyebut nilai kontrak dengan Pakuwon tersebut mencapai Rp 172 miliar. kbc7

Bagikan artikel ini: