Mau maju, RI harus cetak 4 juta wirausahawan

Selasa, 19 Februari 2013 | 18:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia harus mampu mencetak 4 juta wirausaha muda bila ingin disejajarkan sebagai negara maju.

Pemerintah sendiri telah membuat program yang memfasilitasi para pemuda dan mahasiswa mengenal dunia kerja tanpa menanggalkan potensi pengembangan dan kemandirian diri. Demikian dikatakan Deputi Bidang Industri dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawadi di Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Edy mengatakan, salah satu syarat negara maju membutuhkan jumlah wirausaha setidaknya 2% dari total populasi. Dengan begitu, setidaknya Indonesia butuh 4 juta wirausaha muda guna memenuhi persyaratan tersebut. Sementara, saat ini di Indonesia baru ada sekitar 700.000 wirausaha.

"Sebagai pembanding, Amerika Serikat 11%, Singapura 7%, dan Malaysia 5 %. Sangat jauh bila dibandingkan Indonesia," sebut Edy.

Karena itu, menurut Edy, pemerintah membuat program-program untuk mendorong sumber-sumber pekerjaan baru untuk membantu para wirausaha muda. Fasilitasi dapat berupa pengembahan usaha, baik dalam pelatihan, inkubasi, pemagangan, kolaborasi, dan kemitraan.

Edy menambahkan, upaya pengembangan wirausaha diyakini akan berimplikasi positif menekan angka pengangguran dan kemiskinan di dalam negeri. "Kalau bicara target job creation sebesar 700.000 sampai satu juta per tahun tapi yang kita inginkan wirausaha, bukan pencari kerja, karena bagaimana mengurangi kemiskinan sekaligus pengangguran," pungkasnya. kbc11

Bagikan artikel ini: