loading...
Kategori
EnergiMigas
Mode Baca

Mal dan SPBU jadi lokasi bagi-bagi alat pengendali BBM gratis

Online: Jum'at, 31 Mei 2013 | 18:07 wib ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anda yang menginginkan pemasangan alat pengendali bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di kendaraan secara gratis, silakan mendatangi pusat belanja (mal) dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang telah ditunjuk PT Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, alat ini akan diberikan cuma-cuma ke setiap kendaraan. Para pemilik kendaraan bisa mendapatkannya di SPBU atau di mal-mal yang dipilih oleh Pertamina nanti.

"Pemasangan RFID tidak hanya di SPBU tetapi nanti juga akan dilakukan ditempat-tempat keramaian seperti Mal, terminal dan lainnya," kata Ali saat acara sosialisasi dan uji coba sistem monitoring dan pengawasan (SMP) di SPBU Jalan Abdul Muis, Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Sekadar diketahui, pemerintah memang berencana mewajibkan seluruh kendaraan untuk dipasang alat pengendali BBM subsidi dari Pertamina yang bernama RFID (Radio-frequency identification).

"Pemasangan dan alat RFID yang di dalamnya ada chip-nya gratis, pemilik kendaraan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali," ujar Ali.

RFID tersebut ini nantinya wajib dipasang di setiap kendaraan. Jika tidak, maka kendaraan tidak bisa mengisi BBM subsidi di SPBU.

"Tapi kita juga tunggu aturan dari BPH Migas yang mewajibkan setiap kendaraan dipasang RFID, jadi kalau tidak ada RFID terpasang di mulut tangki BBM kendaraan yang tidak bisa beli BBM subsidi," ucapnya.

Jadwal pemasangan SMP atau RFID di setiap kendaraan akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal akan dimulai Juli 2013 yang meliputi DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Sementara mulai Agustus untuk daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. September untuk daerah Kalsel, Kalteng, Banter, sebagian Jawa Barat. Pemasangan RFID sendiri ditargetkan selesai pada Juni 2014 untuk daerah Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. kbc10

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/24/2014
12.128
IHSG
11/24/2014
5.141,03
28,98 (0,56%)