Tahun depan, bisnis restoran diprediksi tetap bertumbuh

Minggu, 06 Oktober 2013 | 19:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meski digelar pesta demokrasi, namun bisnis restoran dan kafe di Tanah Air pada tahun depan diprediksi masih bertumbuh. Banyaknya uang yang beredar selama pemilihan umum (pemilu) serta meningkatnya kelas menengah diyakini menjadi pendorong pertumbuhan itu.

Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim, Tjahjono Haryono mengatakan, secara umum penjualan makanan dan minuman di tahun depan mengalami pertumbuhan positif. Pengalaman selama ini, ketika digelar pesta demokrasi cukup banyak uang yang beredar di masyarakat. Pelaku bisnis kafe dan restoran juga menerima berkah karena banyaknya pertemuan-pertemuan atau kegiatan dilakukan di tempatnya.

"Apalagi kegiatan makan atau pertemuan di kafe dan restoran sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat," kata Tjahjono di sela Outlook Bisnis Restoran Tahun 2014 yang digelar Apkrindo Jatim bersama Bank Danamon di Resto Nine, Sabtu (5/10/2013).

Memang, lanjut dia, dari sisi ekspansi, kalangan pelaku usaha kafe dan restoran cenderung melakukan pengereman, khususnya untuk penambahan gerai. Namun untuk ekspansi yang terkait produk dan layanan masih akan terus dilakukan.

"Jadi prediksi saya pertumbuhan pasar di tahun depan masih positif, minimal sama dengan tahun ini," ujarnya.

Sementara untuk tahun ini, pihaknya memprediksi pasar kafe dan restoran hanya tumbuh 15%. Selain dipengaruhi banyaknya kenaikan harga bahan pokok, pebisnis di sektor ini juga dihadapkan pada kenaikan tarif sewa outlet sebagai imbas kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) yang tinggi.

"Meski mengalami tekanan, namun pebisnis kafe dan restoran sangat berhati-hati, mengingat sepanjang tahun ini kita sudah menaikkan harga jual dua kali, yakni di awal tahun ketika ada kenaikan upah pekerja dan di pertengahan tahun sebagai imbas kenaikan tarif sewa. Oleh karena itu yang dilakukan sekarang adalah efisiensi tanpa mengurang kualitas produk dan layanan," tandas Tjahjono. kbc7

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: