Laris manis, produksi Ayla-Agya ditambah jadi 10.000 unit/bulan

Senin, 02 Desember 2013 | 08:12 WIB ET

BANDUNG, kabarbisnis.com: Animo masyarakat di Tanah Air terhadap kendaraan di segmen low cost green car (LCGC) rupanya cukup besar. Dua model yang sudah mengaspal lebih dulu, yakni Daihatsu Ayla dan Toyota Agya saat ini tengah menjadi primadona.

Melihat kenyataan ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan meningkatkan kapasitas produksi dua varian itu menjadi sebanyak 10.000 unit setiap bulannya.

Manufacture Director PT ADM Pongky Prabowo menjelaskan penambahan kapasitas produksi di pabrikan tersebut sudah berjalan dalam beberapa bulan terakhir. Penambahan ini, ungkapnya, mendorong PT ADM dan PT Toyota Astra Motor untuk bersinergi untuk mengambil langkah cepat sehingga permintaan konsumen cepat terpenuhi dan terkirim.

“Di luar dugaan terjadi peningkatan seperti ini jadi butuh kerja keras,” ungkapnya dalam acara Workshop yang di gelar PT Astra International, akhir pekan lalu.

Menurutnya, selama ini, pada pabrikan milik ADM tersebut dirakit Astra Toyota Agya dan Astra Ayla sekaligus sehingga kendala muncul dimana target produksi menumpuk. Untuk menghadapi kendala ini, sambungnya, pihak ADM dan TAM telah berencana untuk menambah lagi kapasitas produksi tiap bulannya sebanyak 10.000 unit sejak September.

Selain meningkatkan produksi, dua perusahaan otomotif terbesar di Indonesia ini juga memberlakukan tambahan jam kerja setiap harinya sambil menanti langkah lainnya ke depan.

Namun, di sisi lain, sambungnya, pabrikan di bawah bendera Astra ini juga sedang mempersiapkan rencana lanjutan lebih besar seperti memperluas pabriknya sebesar sepertiga dari luas awalnya untuk mengantisipasi membludaknya pemesanan produk Astra Toyota agya dan Astra Daihatsu Ayla untuk program mobil dengan harga terjangkau dan hemat energi ini.

Sejauh ini, dari produksi mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya di pabrikan kawasan Industri Surya Cipta Karawang dengan investasi sebesar Rp 2,1 triliun atau 20 Milyar Yen tersebut, telah mencatatkan pertumbuhan penjualan yang sangat signifikan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Astra Toyota Agya pada Oktober berhasil mengalami kenaikan 29,5% menjadi 5.343 unit dibandingkan dengan penjualan pada September yakni 4.123 unit. Untuk itu, sejak diluncurkan September hingga Oktober 2013, total penjualan Astra Toyota Agya telah mencapai 9.474 unit dari 18.000 unit yang dipesan.

Sementara itu, penjualan Astra Daihatsu Ayla pada Oktober meningkat 12,61% menjadi 4.929 unit dibandingkan dengan penjualan September yakni 4.373 unit. Sepanjang September-Oktober 2013, Astra Daihatsu Ayla telah membukukan penjualan menjadi 9.306 unit.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo menilai peningkatan penjualan untuk produk dari program Pemerintah ini menunjukkan bahwa segmen ini akan sangat bergairah.

Menurutnya, segmen ini pun diprediksi semakin bergairah pada 2014 karena akan diramaikan dengan penantang barunya seperti Honda Brio, Datsun, dan Karimun Wagon R yang mulai masuk dengan produk saingannya. kbc10

Bagikan artikel ini: