Jepang ingin pasok daging sapi beku ke Indonesia

Jum'at, 10 Januari 2014 | 15:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jika pemerintah Indonesia tengah menjajaki untuk bisa memasok komoditas ayam olahan ke Jepang, hal yang sama sama juga akan dilakukan negara ini. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Syukur Iwantoro mengaku, keinginan negara Jepang untuk mengekspor daging sapi beku ke Indonesia.

Menurut Syukur, pihaknya menyambut positif atas keinginan pemerintah Jepang, sepanjang telah memenuhi persyaratan yang berlaku, diantaranya yakni berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah disertifikasi halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). "Secara bersamaan kita akan melakukan audit dari aspek teknis terlebih dahulu," ujar Syukur di Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Pernyataan Syukur itu merujuk hasil pertemuan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan Minister Embassy of Japan untuk Indonesia, USHIO Shigeru yang didampingi Attache Agriculture, Food and Agro-Industry, Kazuko Takabatake.

Minister Embassy of Japan USHIO Shigeru, pada pertemuan itu, juga menyampaikan, pada Mei 2013, OIE telah mendeklarasikan Jepang sebagai negara bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tanpa vaksinasi berbasis negara. Namun, pada saat yang sama, Syukur meminta para investor Jepang dapat berinvestasi di bidang usaha peternakan khususnya sapi potong di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Shigeru memberikan tanggapan positif dan menyatakan bahwa beberapa investor Jepang telah tertarik untuk berinvestasi di bidang sapi potong di Indonesia.

Dalam waktu dekat, para investor Jepang akan datang ke Indonesia untuk menjajaki kemungkinan tersebut. Beberapa daerah yang diminati oleh para investor untuk menanamkan modalnya yakni Propinsi Aceh, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.kbc11

Bagikan artikel ini: