Kemendag canangkan 1 April sebagai Hari Marketing Indonesia

Jum'at, 21 Maret 2014 | 00:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Diberlakukannya masyarakat ekonomi Asean (MEA) membawa dampak pada kian ketatnya persaingan dalam perdagangan, baik oleh sesama pelaku usaha lokal maupun negara lain. Menghadapi kenyataan itu, pelaku usaha dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif terutama dalam bidang marketing.

Menyadari hal tersebut, Kementerian Perdagangan menggandeng beragam asosiasi bisnis mencanangkan tanggal 1 April menjadi Hari Marketing Indonesia (Hamari). Ini dimaksudkan untuk mendorong semangat para pebisnis untuk terus berkreasi.

"Indonesia memainkan peranan cukup besar. Tapi kadang kita kurang bangga dengan potensi sendiri," ujar Staf Ahli Bidang Kebijakan Perdagangan Luar Negeri dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kemendag Arlinda Imbang Jaya saat pencanangan Hamari di Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Arlinda mengatakan, marketing memiliki peranan begitu penting dalam persaingan bisnis dunia, khususnya Asean. Menurut dia, marketing menjadi ujung tombak dari kekuatan produk dalam negeri untuk bersaing di kancah regional maupun global.

"Kita ingin sejajar dengan negara-negara maju. Hal itu harus didorong melalui marketing yang kuat," ungkap dia.

Arlinda mengingatkan, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi besar di sektor bisnis. Melalui marketing, citra Indonesia dapat terbangun. kbc10

Bagikan artikel ini: