Zohib Messenger, aplikasi resmi Kominfo bantu pemudik di perjalanan

Rabu, 16 Juli 2014 | 10:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kegiatan mudik telah menjadi semacam budaya masyarakat Indonesia menyambut Lebaran. Sadar akan banyaknya pemudik yang memadati jalanan menjelang hingga berakhirnya libur Lebaran, pemerintah merilis sebuah aplikasi buatan pengembag lokal yang akan membantu pemudik, yang dinamai Zohib Messenger .

Zohib Messenger merupakan aplikasi mobile chat yang menawarkan layanan untuk saling berkirim-kiriman pesan singkat yang pada April lalu sudah berhasil mendapatkan 500 pengguna hanya dalam 1 pekan saja.

Secara garis besar, Zohib Messenger ini mengadopsi dan menggabungkan fitur yang dimiliki oleh aplikasi chat terkenal lain seperti BlackBerry Messenger (BBM) dan WhatsApp.

Bersamaan dengan Ramadan yang juga identik dengan musim mudik, maka pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjuk Zohib Messenger sebagai Aplikasi Resmi Kemkominfo yang berfungsi sebagai pembantu para pemudik sekaligus sebagai sarana komunikasi dengan rekan atau kerabat selama di perjalanan.

Ditunjuknya Zohib Messenger sebagai aplikasi resmi ini karena software mobile satu ini memiliki salah satu fitur yang unik dan berbeda dengan aplikasi lainnya, yaitu sembari berkomunikasi via chat, penggunanya juga dapat mengirimkan peta suatu tempat beserta foto lokasinya.

"Kita maksimalkan aplikasi dan konten lokal sebagai wujud kepedulian pemerintah pada pengembang lokal yang tak kalah dengan aplikasi dari mancanegara," jelas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, Ismail Cawidu.

Selain itu, terdapat juga fitur Nearby Group dan Community Reporting yang dapat digunakan untuk menginformasikan suatu keadaan, kejadian, tempat dan hal lain kepada orang-orang yang masuk dalam kelompok atau group.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan Zohib Messenger maka penggunanya akan mendapatkan broadcast resmi dari Kemkominfo, Dinas Perhubungan, POLRI, info lalu lintas dari Anggota Senkom POLRI, ORARI, RAPI juga peta digital dan akses ke lebih dari 200 CCTV yang tersebar di Indonesia.

Untuk sementara memang Zohib Messenger hanya tersedia untuk Android saja, namun pengembang aplikasi ini berjanji akan segera memunculkan versi lain untuk BlackBerry dan iPhone.

Bagi yang tertarik untuk mencoba menggunakannya, dapat segera mengunjungi Google Play untuk mengunduhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: