Pemkab Banyuwangi sediakan 19 bus untuk mudik gratis

Sabtu, 19 Juli 2014 | 00:29 WIB ET

Banyuwangi, kabarbisnis.com: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 19 armada bus dan sejumlah rangkaian gerbong kereta api untuk angkutan mudik gratis pada Lebaran 2014.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi, Suprayogi, mengatakan mudik gratis dengan armada bus akan diberangkatkan selama dua hari berturut-turut pada 25-26 Juli dengan rute Surabaya-Banyuwangi.

"Untuk tanggal 25 Juli disiapkan sebanyak sembilan bus dan pada 26 Juli sejumlah 10 bus, dengan rute sama dari Surabaya menuju Banyuwangi. Sedangkan untuk moda kereta api, disediakan KA Probowangi dengan jadwal keberangkatan pada 24 hingga 29 Juli," ujarnya.

Selain mudik, Pemkab Banyuwangi juga memfasilitasi angkutan balik Lebaran bagi warganya dengan rute Banyuwangi-Surabaya yang dilaksanakan pada 3-9 Agustus.

"Pemkab juga menyediakan kendaraan truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik. Jadi, sepeda motor cukup dinaikkan truk dan pemiliknya bisa naik bus atau kereta api. Nanti motor bisa diambil di Banyuwangi," tambah Suprayogi seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, program mudik dan balik gratis Lebaran ini merupakan salah satu upaya Pemkab Banyuwangi untuk membantu mobilitas warganya yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman, selain juga untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengikuti program mudik gratis ini, lanjut Suprayogi, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di kantor Dinas Lalu Lintas dan Jalan Raya (DLLAJR) Provinsi Jatim di Surabaya atau Kantor Dishubkominfo Banyuwangi. kbc2

Bagikan artikel ini: