Kemenhub resmi buka Posko Nasional Angkutan Lebaran

Senin, 21 Juli 2014 | 13:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyediakan Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2014 sebagai pusat kendali pantauan arus mudik Lebaran untuk tujuh hari sebelum dan sesudah Lebaran (21 Juli-4 Agustus 2014). Posko itu terletak di di Lantai 7 Gedung Karya kompleks kantor Kementerian Perhubungan.

Posko itu secara resmi dibuka Menteri Perhubungan Evert Ernst Mangindaan, pada Senin (21/7/2014). "Marilah kita mulai kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Dalam sambutannya, Mangindaan menyebut posko tersebut salah satunya bertujuan untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas dan angkutan Lebaran terpadu tahun ini.

Seperti tahun lalu, kata Mangindaan, pemudik yang menggunakan motor masih menjadi perhatian utama. Sebab, kata Mangindaan, dengan tingkat pertumbuhan jumlah pemilik motor yang tinggi, diperkirakan pemudik yang menggunakan motor juga akan naik. Jumah motor yang akan mudik tahun ini diperkirakan mencapai 2,3 juta unit untuk seluruh Indonesia.

"Pemerintah tetap mengimbau agar masyarakat tak menggunakan motor untuk mudik. Sepeda motor bukanlah alat transportasi jarak jauh," kata Mangindaaan.

Untuk mengurangi jumlah pemudik motor, kata Mangindaan, pemerintah telah menyelenggarakan mudik gratis buat pemotor. Hingga 16 Juli 2014, sebanyak 11.157 motor pemudik terdaftar akan diangkut dengan truk, kereta, dan kapal ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Lampung.

Di Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2014 itu sendiri terdapat deretan layar-layar besar yang memantau lalu lintas darat, laut, dan udara. Perhitungan volume kendaraan di berbagai titik juga terpantau secara online. kbc10

Bagikan artikel ini: