Carrefour angkut ribuan pemudik dengan pesawat hingga Alphard gratis

Rabu, 23 Juli 2014 | 13:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Momen Lebaran dijadikan ajang sejumlah perusahaan untuk berlomba-lomba menawarkan layanan mudik gratis dengan berbagai cara dan fasilitas. Seperti yang dilakukan PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) yang memberangkatkan 6.735 pemudik ke berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Ribuan pemudik itu diangkut dengan bus, pesawat, kereta, kapal, dan Toyota Alphard.

"Yang 44 paket mudik dengan Alphard masing-masing berisi maksimal lima penumpang," kata Head of External Communications and Corporate Social Responsibilities Trans Retail, Hendrik Andrianto, usai melepas rombongan pemudik bus dan Alphard di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Menurut dia, 5.000 penumpang diangkut dengan bus untuk tujuan seluruh kota-kota di Jawa, mulai Jakarta hingga Surabaya. Sedangkan 200 dan 100 penumpang masing-maisng diangkut dengan kereta dan kapal. "Pemberangkatan bus dipusatkan di empat titik di mulai dari Lebak Bulus, Karawang, Cempaka Putih, dan Carrefour Bekasi Harapan. Keberangkatan dari Surabaya juga ada," ujarnya.

Pemudik yang diangkut dengan pesawat berjumlah 1.435. Tujuan pesawatnya mulai Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, hingga Makassar. Adapun untuk pemudik yang diangkut dengan Alphard, tutur Hendrik, tujuannya bebas, sepanjang masih di Pulau Jawa dan paling jauh sampai Surabaya. "Alphard dan pesawat ini gratis pergi-pulang. Yang lain, mudiknya saja," kata Hendrik.

Ditambahkan Hendrik, pemudik yang diangkut gratis oleh Carrefour merupakan pelanggan yang punya poin belanja dari 10 hingga 35 poin. Setiap belanja Rp 150 ribu pada periode Juni-Juli 2014, pelanggan mendapat 1 poin. Sedangkan pemudik yang diangkut dengan bus adalah mereka yang memegang 10 poin, 20 poin untuk kereta dan kapal, dan 35 poin untuk pesawat. "Yang Alphard ini diundi lagi di antara mereka yang sudah terdaftar mudik via bus. Makanya, banyak bus yang terlihat lowong," tuturnya.

Program mudik gratis ini, ujar Hendrik, sudah berlangsung tiga kali. Tahun ini, menurut dia, jumlah penumpang yang diangkut berlipat dua kali. Namun Hendrik enggan menyebutkan berapa duit yang digelontorkan Carrefour untuk program mudik gratis tahun ini. "Enggak usah disebutlah," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: