Kemenhub berangkatkan ribuan pemudik

Jum'at, 25 Juli 2014 | 03:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kapten Bobby R Marmahit melepas keberangkatan Mudik Gratis 2014 di Pelabuhan Tandjung Priok.

Kegiatan ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan sejak 2012. Pemudik kali ini, diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta) menuju pelabuhan Tanjung Mas (Semarang) menggunakan kapal KM Ceremai milik PELNI.

Tahap pertama yang diberangkatkan dengan kapal KM Cermai mengangkut 1247 kendaraan bermotor serta 2254 jiwa, dan kapal Niki Sae mengangkut 290 motor dengan 161 jiwa. Pemerintah masih menambahkan satu kapal KLI Makassar milik TNI AL yang akan berangkat esok hari.

Menteri Perhubungan EE Manginan, dalam sambutannya yang dibacakan Bobby mengatakan bahwa jajaranya siap memantau jalannya arus mudik lebaran tahun 2014 sebagai langkah antisipasi pengurangan kepadatan transpotasi angkutan laut. Ditjen Hubla (Direktorat Jendral Hubungan Laut) terus menerus melakukan sejumlah persiapan agar masa angkutan laut lebaran tahun 2014 dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Beberapa program diluncurkan agar masyarakat dapat menikmati mudik dengan selamat, aman, dan nyaman. Di antaranya dengan menyediakan angkutan laut gratis, program tersebut diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan dan memenuhi permintaan masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor menggunakan kapal laut guna menyeberangi perairan. Kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: