PGN dan Rumah Zakat kolaborasi bikin Posko Mudik Sehat

Jum'at, 25 Juli 2014 | 16:46 WIB ET

SIDOARJO kabarbisnis.com: Untuk membantu masyarakat yang tengah melakukan aktifitas mudik lebaran pada tahun ini, PGN bersama Rumah Zakat kembali menggelar Posko Mudik Sehat di Terminal Purabaya Bungurasih Sidoarjo.

General Manager PT PGN SBU II, Wahyudi Anas menegaskan bahwa sejauh ini sangat.sedikit industri yang bisa menyediakan fasilitas Posko Mudik Sehat. Padahal keberadaan posko ini sangat membantu masyarakat, baik para pemudik maupun supir bus yang bekerja 24 jam. Untuk itu, PGN berkomitmen untuk terus menggelarnya bersama Rumah Zakat (RZ).

"Ini adalah tahun ke 3. Dan realisasinya tiap tahun semakin bagus, jumlah pemudik yang menggunakan fasilitas yang kami sediakan semakin banyak. Jika pada tahun 2012 mencapai 800 pemudik, di 2013 mencapai 1.100 pemudik. pada tahun ini kami menargetkan minimal ada 2.000 pemudik yang menggunakan fasilitas ini," ujar Wahyudi Anas saat peresmian Posko Mudik Sehat PGN-RZ di Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Jumat (25/7/2014).

Melalui posko ini, diharapkan pemudik bisa sampai di kampung mereka dalam kondisi sehat dan dapat menikmati libur lebaran di kampung. Pemanfaatan posko mudik sehat juga bisa oleh supir supir bus dan kru yang kerja 24 jam agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Selain di Surabaya. PGN dan RZ pun mendirikan Posko serupa di tiga kota lainnya yakni Cirebon, Semarang, dan Lampung Selatan.

"Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan adalah karena kondisi fisik pemudik yang mengantuk dan kelelahan. Karena anggaran terbatas, tidak semua pemudik bisa memanfaatkan rest area yang tersedia untuk melepas lelah. Karena ini semoga dengan hadirnya Posko Mudik Sehat PGN ini bisa membantu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas akibat supir yang kelelahan," tambah Kepala Divisi TJSL PT.PGN Persero.Tbk . Enik Indriastuti.

Adapun fasilitas yang akan diberikan kepada para pemudik antara lain layanan kesehatan, pijat, ruang laktasi, ruang istirahat, food and drink, internet dan Wifi, charger telepon, hiburan, kidzone dan mini library . Semuanya diberikan secara gratis bagi mereka yang datang dan beristriahat di Posko Mudik Sehat PGN. PGN juga akan berbagi dengan masyarakat dhuafa sekitar posko dengan berbagi Bingkisan Lebaran Keluarga.

Posko Mudik Sehat PGN di Bungurasih ini akan berdiri selama 8 hari untuk melayani masyarakat yang pulang kampung dan kembali ke daerah asal mulai 25 Juli hingga 1 Agustus 2014. Begitupun dengan Posko Mudik yang ada di Cirebon dan Surabaya. Sementara untuk Kota Semarang, Posko Mudik akan dibuka pada 24 - 31 Juli 2014. Untuk di area Cirebon, Posko Mudik berada di Plumbon Square Jl. Raya Plumbon KM 10 Kab. Cirebon. Di Semarang Posko Mudik terletak di Kantor Dishubkominfo di Jl. Siliwangi No. 357 Semarang. Sementara di Lampung Selatan, Posko berada di Jl. Raya Kalianda KM 47 Bakaheuni Lampung Selatan..

Pada kesemenpatan yang sama, UPTD Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo May Ronald menyambut gembira atas program PGN bersama Rumah Zakat tersebut. Apalagi jumlah pemudik tiap tahun kian bertambah. Di tahun ini, jumlah pemudik sepanjang lebaran 2014 diperkirakan akan mencapai 89.000 pemudik, naik dibanding tahun lalu yang mencapai 81.000 pemudik.kbc6

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: