Duh, jumlah pengangguran lulusan PT dan SMK alami peningkatan

Kamis, 06 November 2014 | 05:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pengangguran terbuka dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Universitas alias perguruan tinggi (PT) meningkat.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, lulusan universitas yang menganggur mencapai 5,65% pada kuartal III/2014 dari sebelumnya 5,39% pada kuartal yang sama 2013.

Sementara, lulusan SMK juga meningkat menjadi 11,24% dari sebelumnya 11,21%. Lulusan SMK juga menjadi penyumbang tingkat pengangguran terbuka terbanyak.

Suryamin menambahkan, peningkatan itu dikarenakan adanya masa kelulusan pendidikan di periode tersebut.

"Ada beberapa yang sudah lulus namun belum menentukan pilihan ke tahap selanjutnya," katanya di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Meski demikian, kata dia, keadaan tenaga kerja di Indonesia dalam setahun terakhir secara keseluruhan menunjukkan adanya perbaikan.

Berdasarkan data BPS, tingkat pengangguran terbuka di Indonesia turun pada Agustus 2014 mencapai 5,94% atau lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 6,17%.

"Ini setelah digambarkan dengan peningkatan jumlah angkatan kerja dan penurunan tingkat pengangguran," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: