Menteri Sudirman jamin bos baru Pertamina bukan titipan

Jum'at, 28 November 2014 | 16:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan figur Direktur Utama PT Pertamina Persero yang akan ditentukan pemerintah sore ini bukan dari titipan dari pihak yang berkepentingan dan tidak dibebani masa lalu. Untuk diketahui, nama Dwi Soetjipto, Dirut PT Semen Indonesia santer didapuk akan menggantikan Karen Agustiawan.

Sudirman menegaskan, dalam pemilihan pemimpin sebuah lembaga, pemerintah mengutamakan integritas, jujur dan mau bekerja. Selain itu, dirinya juga tidak mempermasalahkan asal pimpinan tersebut, dari internal atau pun eksternal. "Integritas penting. Kami ingin memilih pemimpin yang bukan pencari kerja. Bukan yang jualan ke kiri kanan untuk mencari posisi. Kami mencari orang yang hidupnya tidak mencari kekuasaan tapi yang melayani masyarakat," ujar Sudirman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Sudirman juga menegaskan bahwa pemilihan Dirut Pertamina kali ini bebas dari intervensi siapapun. Sehingga dirinya berani menjamin Dirut Pertamina nantinya tidak akan ada kepentingan. "Harapan saya ke direksi baru, orang yang bisa membawa Pertamina jadi perusahaan kuat, lebih profesional dan jadi pemain global sesungguhnya," kata dia.

Untuk diketahui, saat ini, jabatan Dirut Pertamina saat ini dipegang oleh Muhamad Husen selaku Pelaksana Tugas, menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri pada 1 Oktober 2014 lalu.Ketika ditanya apakah sosok yang dimaksud itu adalah Direktur Utama PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto, Sudirman tidak membenarkan atau menyangkalnya. "Tunggu saja, nanti sore pengumumannya," pungkasnya.kbc11

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: