1 Januari, ada harga baru BBM subsidi

Senin, 29 Desember 2014 | 15:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah akan menerapkan harga baru bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang rencananya diumumkan sebelum Tahun Baru, dan berlaku per 1 Januari 2015. Demikian dikatakan Menko Perekonomian Sofyan Djalil di Jakarta, Senin (29/12/2014)

Sofyan mengaku belum dapat menjelaskan secara mendetail terkait rencana kebijakan subsidi BBM yang segera diumumkan tersebut. Namun, dia memastikan pemerintah masih akan membahas lagi dengan memperhatikan harga keekonomiannya.

"Intinya kebijakan ini (BBM subsidi) mudah-mudahan menjadi yang permanen, nanti diumumkan sebelum Tahun Baru. Sehingga pada Tahun Baru nanti, masyarakat akan membeli BBM dengan harga baru," kata Sofyan

Pada kesempatan itu, Sofyan juga enggan menyebutkan apakah kebijakan baru BBM subsidi itu terkait dengan penerapan skema subsidi tetap (fixed subsidy). Sofyan menegaskan, semua opsi terkait subsidi BBM sudah dikaji.

"Kita tidak bisa ini (sebutkan detailnya) karena kita akan rapat lagi melihat harga keekonomiannya. Kita kan meng-exercise semua opsi yang ada, melihat kecenderungan harga pasar, kondisi harga pasar hari ini, dan lainnya," ujarnya.

Sofyan berharap kebijakan yang akan diterapkan tidak akan menyandera APBN. Bahkan ke depan akan menjadi lebih baik jika tidak diperlukan APBN-Perubahan, seperti yang selama ini kerap dilakukan revisi akibat perubahan asumsi makro.

"Sehingga APBN kita bisa lebih stabil, ada kepastian pembangunan apa yang bisa dilakukan ke depan, dan yang paling penting adalah supaya program pemerintah untuk pembangunan infrastruktur dan lain-lain bisa lebih terjamin, dan seminim mungkin subsidi yang bersifat konsumtif," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: