Makin banyak anak muda meminati pekerjaan freelance

Selasa, 03 Februari 2015 | 13:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anak muda Indonesia makin meminati profesi pekerja lepas (freelance). Sribulancer, sebuah pasar online untuk pencarian freelancer dan tenaga kerja tetap, melakukan sebuah survei terhadap 1.000 pekerja yang terdaftar sebagai anggota. Survei ini dilakukan untuk menggali seperti apa karakteristik dan pandangan para pekerja Indonesia terhadap pekerjaan sambilan atau sampingan.

Dari survei yang dilakukan Sribulancer mulai 5–12 Januari 2014 terhadap 1.000 anggota Sribulancer, mendapatkan bahwa 5 dari 10 freelancer adalah pekerja tetap atau karyawan dan mayoritas dari mereka merupakan pekerja yang baru memulai karier (baru bekerja satu sampai dua tahun) atau berusia sekitar 18-25 tahun.

Rata-rata penghasilan yang diperoleh mayoritas responden mencapai Rp 1-5 juta per bulan. Hal inilah mengapa hampir 60 persen responden mengatakan bahwa pekerjaan freelance mereka saat ini menjadi penghasilan utama mereka meskipun berstatus sebagai pekerja tetap di suatu perusahaan.

Meskipun begitu tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi seorang pekerja freelance juga tidak mudah. Akses informasi terhadap pekerjaan freelance menjadi kendala utama bagi para pekerja sambilan, di samping membangun reputasi/kredibilitas mereka.

Sekitar 30 persen responden masih mengandalkan informasi atau rekomendasi dari teman, rekan kerja, klien terdahulu untuk mendapatkan pekerjaan freelance. Namun begitu 50 persen responden merasa terbantu dan melek terhadap situs-situs freelancer yang menjadi wadah informasi lowongan pekerjaan sampingan.

Mayoritas responden mengatakan bahwa faktor utama mereka dalam memilih situs freelancer adalah kemudahan dan keamanan bertransaksi, selain dapat memberikan banyak database lowongan freelance.

Ketatnya persaingan meniti karir sebagai pekerja tetap/karyawan menjadikan para pekerja muda yang baru memasuki dunia kerja semakin melirik opsi lain dalam mendapatkan penghasilan lebih melalui pekerjaan freelance.

Fleksibilitas waktu yang dimiliki sebagai seorang pekerja sampingan menjadikan pekerjaan ini makin banyak diminati. Tidak hanya itu, terutama bagi para pekerja muda, pekerjaan freelance ini juga dimanfaatkan untuk bereksplorasi mengembangkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki karena mereka bisa mengerjakan pekerjaan yang bervariasi diluar pekerjaan tetap mereka.

“Melihat perkembangan dan prospek pekerjaan freelance, kami yakin ke depannya semakin banyak pekerja yang milirik pekerjaan freelance. Bahkan pekerjaan freelance ini dapat menjadi solusi mengatasi penganguran di Indonesia. Hanya berbekal akses internet dan laptop, komputer, gadget, tiap orang dapat menjadi freelancer,” kata Ryan Gondokusumo, CEO sekaligus pendiri Sribulancer.

Sebagai situs yang menghubungkan antara perusahaan atau individu yang mencari tenaga kerja dengan sang pencari kerja, Sribulancer akan terus menfasilitasi dan mengembangkan database lowongan pekerjaan bagi para pekerja freelance.

“Kebutuhan akan jasa freelancer oleh para pelaku usaha pun terus meningkat. Terbukti baru enam bulan Sribulancer berdiri, kami sudah menerima lebih dari 500 lowongan kerja freelance di situs kami dengan total transaksi lebih dari Rp 960 juta,” pungkasnya. kbc3

Bagikan artikel ini: