Kadin dukung penuh kerja Badan Ekonomi Kreatif

Selasa, 10 Februari 2015 | 16:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Jokowi disambut hangat kalangan pengusaha di Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Kreatif dan MICE (Meeting, Incentive Travels, Convention, Exhibition). Apresiasi dan dukungan KADIN tidak hanya menyambut pelantikan Triawan Munaf sebagai Kepala Badan, yang juga dikenal sebagai pelaku usaha industri kreatif, namun juga karena struktur kelembagaan badan sejalan dengan usulan KADIN yang disampaikan kepada Presiden Jokowi pada November 2014.

Sebelumnya KADIN mengusulkan struktur kelembagaan yang kaya fungsi tetapi cukup ramping, sehingga badan mampu menjangkau cakupan ekonomi kreatif yang luas tetapi cukup efisien dalam operasionalisasi di lapangan. Hal itu kini tercermin dengan adanya dengan enam deputi yaitu riset edukasi dan pengembangan, deputi akses permodalan, deputi infratruktur, deputi pemasaran, deputi fasilitasi hak kekayaan intelektual (HKI), dan deputi hubungan dan pengembangan antarwilayah. KADIN juga mengusulkan adanya Komite Ahli yang berasal dari pelaku industri kreatif yang dapat membantu Kepala Badan dalam mengambil kebijakan yang diperlukan.

KADIN mengingatkan kembali setidaknya tiga tujuan utama pendirian badan ini, pertama, melipat-gandakan jumlah intellectual property (IP) dan brand yang dimiliki Indonesia, kedua, meningkatkan kuantitas dan kualitas creativepreneur dan penyerapan tenaga kerja kreatif, dan ketiga, mendorong peningkatan investasi di bidang industri kreatif.

Kebutuhan pelaku usaha secara fungsional seperti pembiayaan, pemasaran, pengembangan teknologi, pemberdayaan sumber daya manusia, dan dukungan proses produksi dan bahkan advokasi dapat terlayani oleh badan ini. Di lain pihak kebutuhan-kebutuhan yang lebih spesifik yang diperlukan kelompok-kelompok ekonomi kreatif berdasarkan kesamaan dan kedekatan sifat usahanya juga terakomodir secara memadai dalam struktur organisasi ini. Koordinasi antar Deputi dan eselon-eselon yang ada di bawahnya dengan Deputi lain bersama eselon di bawahnya sangat menentukan efektivitas kerja badan.

"Sebagai mitra kerja pemerintah, dan tempat bernaungnya hampir seluruh asosiasi industri kreatif, kami siap mendukung program kerja Badan Ekonomi Kreatif terutama dalam upaya mencapai target yang ditetapkan pemerintah yaitu peningkatan kontribusi terhadap PDB sebesar 14%, dua kali lipat dari kontribusi industri kreatif terhadap PDB nasionak saat ini yang mencapai 7%," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif dan MICE Budyarto Linggowiyono di Menara Kadin, Jakarta (27/1/2015).    kbc10

Bagikan artikel ini: