Tertarik bisnis waralaba? Pertimbangkan dulu hal ini

Kamis, 05 Maret 2015 | 14:20 WIB ET

SALAH satu jenis usaha yang sederhana dan banyak dilakukan pebisnis pemula adalah waralaba. Di Indonesia sendiri banyak jenis usaha waralaba yang berkembang, mulai dari makanan minuman, toko, bengkel, lembaga pendidikan, dan sebagainya.

Diantara mitra waralaba, banyak diantaranya yang berhasil, namun ada pula yang kurang beruntung. Nah, berdasarkan pengalaman, terdapat beberapa kriteria yang harus Anda pertimbangkan untuk membantu memutuskan apakah waralaba tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, seperti dilansir dari ciputraentrepreneurship:

  • Kesuksesan - Apakah waralaba itu sukses? Apakah pewaralaba menjual sejumlah besar unit sehingga Anda yakin bahwa mereka akan beroperasi untuk waktu yang lama?
  • Kredibilitas - Anda harus yakin bahwa waralaba dan orang-orang di dalamnya memiliki kredibilitas dan mampu menindaklanjuti janji-janji mereka.
  • Diferensiasi - Apakah Anda yakin bahwa waralaba itu akan mampu membedakan dirinya dari peluang bisnis lain yang serupa? Apakah ada sesuatu tentang waralaba itu hal yang unik?
  • Kemudahan untuk dipelajari dan diajarkan - Pastikan bahwa franchisor atau pewaralaba memiliki kemampuan dan tanggung jawab untuk mengajarkan bisnisnya. Sama pentingnya juga adalah pastikan bahwa Anda sebagai terwaralaba (franchisee) memiliki bakat, keterampilan, dan mentalitas yang diperlukan untuk belajar bisnis.
  • Sistematisasi - Salah satu aspek yang paling penting dari setiap waralaba adalah bahwa franchisor telah mengembangkan sistem yang memungkinkan sejumlah besar dan beragam franchisee untuk berhasil mengoperasikan bisnis.
  • Keterjangkauan dan modal usaha - Apakah Anda memahami persyaratan total investasi untuk membeli dan mengoperasikan waralaba? Dapatkah Anda mampu untuk membuat investasi ini saat ini? Dapatkah franchisor memberikan Anda akses ke modal?
  • Profitabilitas - Anda harus yakin bahwa waralaba akan menguntungkan selama Anda membangun bisnis dan beroperasi sesuai dengan pedoman franchisor. Ingat bahwa aturan penting bagi setiap pengusaha adalah bahwa jika Anda akan berinvestasi dan bekerja untuk sebuah bisnis baru, Anda berhak mendapatkan upah di samping laba atas investasi Anda. Jangan puas dengan apa yang ada.
  • Tren Pasar - Anda harus menentukan bahwa waralaba yang Anda ingin beli dalam bidang/sektor bisnis yang berkembang pesat dan cepat, dan bukan sesuatu yang sudah mencapai titik jenuh dan merugikan. Beberapa contoh peluang pasar yang sangat sesuai tren terkini misalnya pendidikan, kebugaran, dan sebagainya. kbc10

Bagikan artikel ini: