Pelaku industri kreatif diminta tingkatkan kualitas produk

Sabtu, 16 Mei 2015 | 18:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maraknya industri kreatif di kalangan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia membuat pasar makin bergairah. Sayangnya, maraknya barang palsu di pasaran dikhawatirkan mengganggu minat konsumen.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pun menyarankan pelaku industri kreatif terus mengembangkan kreativitasnya. Sehingga ke depannya sektor industri yang sedang galak diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, bisa makin kuat.

"Patronase terhadap UKM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam upaya peningkatan kualitas baik dari aspek produk, pemasaran, dan packaging," kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam keterangan persnya, Jumat (15/5/2015).

Dia yakin industri kreatif membuat pelaku UKM bertahan di tengah persaingan pasar bebas. Pihaknya mengakui sektor ini sempat tidak mendapat perhatian lebih.

"Saya kira ekonomi kreatif, terutama pemberdayaan dan penguatan UKM penting, mengingat sektor ini kadang terabaikan," ujarnya.

Terkait maraknya produk tiruan, Fadli melihat pada dasarnya produk hasil industri kreatif Tanah Air sulit dipalsukan. Salah satunya karena sisi keunikannya. kbc10

Bagikan artikel ini: