Ini dia misi Bukalapak.com dongkrak sektor UKM di Indonesia

Selasa, 26 Mei 2015 | 11:42 WIB ET

MAKASSAR, kabarbisnis.com: Situs belanja online Bukalapak.com kian menasbihkan diri sebagai salah satu website yang memiliki banyak pengunjung di Indonesia bahkan skala international. Salah satu misi yang dipegang adalah menaikkan kelas Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. 

CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky menuturkan, sejak hadir 2011 sudah banyak perubahan yang dilakukan dalam pengembangan UKM di Indonesia. Sejalan dengan tujuan dihadirkanya situs online ini, yakni memberdayakan dan memberikan wadah kepada UKM-UKM tersebut untuk berjualan serta menemukan pembeli produk-produk mereka.

"UKM lah pemain utama dalam aktivitas ekonomi di dalam negeri dan UKM juga memberikan kesempatan kerja yang besar bagi penduduk Indonesia,” ujarnya di Makassar, Senin (25/5/2015).

Founder Bukalapak.com ini melihat ke belakang, saat memulai usaha yang hanya digawangi dua orang. Kemudian bertambah jadi enam orang dan bertambah 10 orang, bahkan kini mencapai 100 orang karyawan.

Sementara, jumlah pengunjung awalnya dari nol pengunjung, kini sudah mencapai 1.2 juta pengunjung setiap harinya dan memiliki 1 juta pengguna. Kini jumlah barang terjual per bulan mencapai 2.4 juta unit, dengan total jumlah penjual 215.000 pelapak.

“Dari merekalah setiap harinya kami dapat membantu transaksi jual dan beli mencapai Rp3-Rp4 miliar, didominasi penjualan produk gadget sekitar 70% dan sisanya produk lain seperti fashion, serta kebutuhan rumah tangga lainnya,” pungkas Zaky. kbc10

Bagikan artikel ini: