Jokowi didesak segera terbitkan Perpres pengendalian harga pangan

Selasa, 16 Juni 2015 | 14:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berharap Presiden Jokowi mengeluarkan peraturan presiden (perpres) soal pengendalian harga bahan pangan pokok dan dibentuknya badan atau lembaga pangan nasional di Indonesia.

Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba memaparkan, DPD melihat bahwa masalah pangan ini merupakan masalah yang strategis dan fundamental.

"Amanat Undang Undang Pangan harus ada perpres tentang lembaga otoritas yang mengatur tentang pangan karena belum ada sampai sekarang. Itu harus segera dilaksanakan. Di Undang-Undang Perdagangan juga disebutkan harus ada perpres yang mengatur tentang ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan barang penting yang berkualitas dan memadai sehingga menyebabkan ketiadaan peran pemerintah di lapangan," ujar Parlindungan di Jakarta, Selasa (16/6).

Parlindungan menegaskan intervensi pemerintah untuk pengelolaan pangan hingga saat ini belum konkrit. Menteri-menteri hanya blusukan, namun belum ada kendali kebijakan. Karena itulah, perlu Perpres khususnya tentang pengendalian harga kebutuhan pokok. kbc9

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: