Jokowi sudah tanda tangani Perpres pengendalian harga pangan

Selasa, 16 Juni 2015 | 15:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengungkapkan, peraturan presiden (Perpres) tentang pengendalian harga sesuai dengan amanat UU Nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan sudah diteken Presiden Joko Widodo.

"Mengenai perpres (harga pangan) saya dengar sudah tanda tangan presiden. Sekarang masih tinggal tunggu berita negara di KemenKumHAM," kata Gobel di Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Gobel menuturkan,sejatinya isi dari perpres harga pangan itu pun sekarang ini tentunya sudah berlaku. Meski demikian, Gobel enggan menjelaskan lebih lanjut mekanisme dari perpres tersebut.

"Sekarang pun sebenarnya sudah berlaku. Mekansimenya sedang kita siapkan. Kita lihat kan harga sudah mulai stabil. Tujuan perpres itu supaya produsen tidak menaikkan harga gila-gilaan," ujarnya.

Isi dari Perpres tersebut adalah mengatur pengendalian harga komoditas pangan utama dengan wewenang pengendalian harga diberikan kepada Menteri Perdagangan. Payung hukum ini diharapkan bisa mencakup kebijakan seluruh pemangku kepentingan agar tidak selalu menjadikan impor sebagai solusi instan menjaga ketersediaan pangan.

Perpres ini nantinya bisa menjadi instrumen pengendalian spekulan karena ada instrumen hukum yang memadahi. Sehingga diharapkan harga-harga kebutuhan bahan makanan di Tanah Air bisa lebih terkendali dan tidak merugikan masyarakat secara umum. kbc11

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: