Blusukan di Surabaya, Mendag Gobel pantau stok pangan dan arus logistik

Sabtu, 20 Juni 2015 | 12:05 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan Rachmat Gobel kembali keliling daerah untuk memastikan ketersediaan stok bahan pokok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan puasa dan Lebaran. Kali ini, Mendag dan jajarannya terjun langsung memonitor Pasar Wonokromo dan Pasar Bendul Merisi di Surabaya. Mendag juga mengecek pelabuhan rakyat antarpulau di Tanjung Perak, Surabaya. 

Di pasar Wonokromo, Mendag memonitor perkembangan stok dan kelancaran arus logistik kebutuhan pokok. Begitu pula ketika berkunjung ke Pasar Induk Beras Bendul Merisi Surabaya. Menurut Mendag Rachmat, target dari kunjungannya ini adalah ingin memastikan ketersediaan stok bahan pokok cukup untuk menyanggah permintaan selama bulan puasa dan Lebaran.

"Karena  itu, perlu untuk memastikan kelancaran suplai bahan pokok masuk ke pasar serta memastikan harmonisasi barang dan kebutuhan untuk efisiensi harga. Setelah ini saya juga akan meninjau pelabuhan Perak ," kata Rachmat kepada wartawan di pasar Wonokromo Surabaya, Sabtu (20/6/2015).

Peninjauan pelabuhan rakyat antarpulau Tanjung Perak Surabaya tersebut dimaksudkan untuk melakukan pengawasan dan pemantauan implementasi proses pengurusan hingga realisasi serta besaran waktu bongkar-muat angkut barang dan prioritasnya. "Saya ingin memastikan bahwa perizinan yang dikeluarkan oleh Kemendag telah berjalan sesuai dengan indikator yang diharapkan," tegasnya.

"Bongkar-muat bahan bahan pokok di pelabuhan harus bisa berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal, karena hal tersebut akan berpengaruh pada distribusi pengangkutan bahan pokok ke daerah-daerah melalui laut," tambah Rachmat.

Selain melakukan peninjauan di berbagai daerah, ia juga menegaskan akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait antara pusat dan daerah. Hal ini untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi agar lalu lintas barang berjalan lancar dan memastikan tidak terjadi lonjakan harga melebihi batas kewajaran.kbc6

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: