Bukit Darmo andalkan sewa perkantoran dan mall

Sabtu, 27 Juni 2015 | 10:55 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bukit Darmo Property Tbk (BKDP) melihat pasar sewa perkantoran dan pusat perbelanjaan di Surabaya masih potensial, meski kondisi perekonomian nasional cenderung melemah. Tak heran jika emiten properti di Surabaya ini bakal mengandalkan sektor ini sebagai penopang pendapatan perseroan.

Direktur Utama PT Bukit Darmo Property Tbk, Philip Tonggoredjo mengatakan, digenjotnya sektor sewa kantor dan mall dikarenakan saat ini proyek perkantoran Nine Boulevard (9blv) sudah terjual lebih dari 70%. Pihaknya sendiri sengaja tidak melepas seluruhnya, karena memang akan dikelola sendiri oleh perseroan untuk disewakan.

"Potensi pasar sewa ruang kantor Surabaya barat masih tinggi. Dan kami bersyukur bahwa proyek 9blv ini sudah kelar dan ditargetkan bisa mulaii operasional usai Lebaran tahun ini, termasuk operasional Hotel Melia Adhiwangsa Surabaya," kata Philip usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) perseroan di Surabaya, Jumat (26/6/2015).

Dia berharap, dengan dioperasikannya perkantoran 9blv, akan mampu mengangkat kinerja perseroan di tahun ini. Pasalnya, sepanjang kuartal I tahun 2015, perseroan hanya mampu membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 15,919 miliar atau turun dibanding periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 25,347 miliar. Penurunan pendapatan ini juga berdampak pada pencapaian laba perseroan, yang justru minus Rp 3,038 miliar. Padahal di kuartal I tahun 2014 lalu, perseroan berhasil mengemas laba Rp 1,53 miliar.

Selain mengandalkan sewa kantor, pihaknya juga akan menggenjot tenant baru dari Lenmarc mall. Saat ini, lanjut dia, tingkat okupansi Lenmarc sudah 70 persen, sehingga untuk menarik tenant baru akan lebih mudah. Terlebih lagi, konsepnya juga dibikin baru sehingga tidak head to head dengan Mall lain di Surabaya Barat. 

"Konsep baru ini membuat Lenmarc akan lebih menarik. Tidak hanya untuk berbelanja saja namun juga untuk hangout keluarga muda dan anak-anak muda yang sekarang tumbuh subur di Surabaya Barat," tambah Brasada Chandra, Direktur perseroan. 

Selain itu, banyak sesuatu yang baru yang ditawarkan diantaranya adalah Avenue walk dan Distric 21 di Lenmarc mall. "Jadi kami yakin bisa cetak laba lagi," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: