Biznet siapkan internet untuk pelaku UKM dan rumah

Senin, 06 Juli 2015 | 09:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tren jual-beli online termasuk wirausaha yang dilakukan dari rumah membuat kebutuhan akan internet di Tanah Air terus meingkat. Hal ini pula yang mendasari Biznet Network memperkuat pasar di segmen usaha kecil dan menengah (UKM) serta rumahan.

Vice President Marketing Biznet Network, Yudie Haryanto mengatakan, Biznet Network (Biznet) sebagai perusahaan di bidang telekomunikasi dan multimedia sekaligus penyedia layanan internet, mengklaim telah memperluas jaringannya dari 1.700 km jaringan Fiber Optik Biznet, kini menjadi 13.000 km, sehingga layanan internetnya bisa hadir di 70 kota di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

“Biznet tadinya fokus di B2B market (business to business), tetapi melihat perkembangan di Indonesia, di mana internet sekarang kebutuhannya hampir sama dengan kebutuhan akan air dan listrik. Jadi bukan hanya kantor, baik individu maupun keluarga juga butuh internet. Misalnya ketika orang menginap di hotel, yang ditanya bukan lagi ada kolam renang atau tidak, ada sarapan atau tidak, tetapi ada Wi-Fi atau tidaknya. Karena itu, Biznet mulai fokus ke B2C market (business to consumer),” kata Yudie, akhir pekan lalu.

Menurutnya, demi menyediakan layanan internet, Biznet merogoh kocek sendiri untuk membangun infrastruktur, termasuk membeli kabel, menggali, dan bahkan pemasangannya, sepanjang jarak 13.000 km tersebut.

Brand Manager Biznet Network, Gitanissa Laprina menjelaskan, produk Biznet yang terbagi ke dalam empat bagian, antara lain:

1. Product Enterprise (Biznet Dedicated Line dan Biznet Data Center), untuk perusahaan dengan harga di atas Rp 4 juta per bulan.

2. Biznet MetroNET, layanan internet untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), dengan biaya mulai dari Rp 600 ribu (1,5 Mbps) sampai Rp 15 juta (75 Mbps) per bulan.

3. Biznet Home, layanan internet untuk perumahan dan apartemen, terbagi menjadi dua program yaitu:

- Biznet Home Internet, harga mulai dari Rp 200 ribu perbulan (4 Mbps) dan biaya instalasi Rp 500 ribu di awal pemasangan.

- Biznet Home Combo yang merupakan layanan internet ultra cepat dan TV kabel high definition (HD), dengan harga Rp 300 ribu per bulan ditambah biaya instalasi Rp 500 ribu di awal pemasangan, menyediakan internet berkecepatan 6 Mbps dan lebih dari 40 channel TV lokal dan internasional.

Paket Biznet Home ini memang sengaja dibagi dua kategori, karena tidak semua konsumen yang membutuhkan TV kabel di rumahnya.

4. Biznet Wifi, internet untuk penggunaan pada smartphone dan tablet ketika dalam kondisi mobile atau sedang aktivitas di luar ruangan. Biznet Wifi berkecepatan hingga 100 Mbps, harga paket mulai dari Rp 10.000 (kuota 500 MB), hingga Rp 90.000 (kuota 10 GB) dengan masa aktif paket selama 90 hari. kbc10

Bagikan artikel ini: