Kabar dari Google! Begini cara buka perintah suara berbahasa Indonesia

Selasa, 21 Juli 2015 | 16:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Google resmi merilis fitur Ok Google berbahasa Indonesia beberapa waktu lalu. Fitur ini merupakan fungsi pencarian (perintah suara) web dengan menggunakan bahasa Indonesia di perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Sehingga kini pengguna bisa searching di Google tanpa harus ketik teks lagi.

Menariknya, fitur pencarian suara ini, akurasi kata yang mampu dikenalinya (recognize) tergolong cukup baik dan akurat. Bahkan pengguna bisa memerintah Google dengan bahasa yang tidak baku sekalipun. Seperti "hari ini macet nggak ya?" atau skor Barca vs MU berapa," dan lain-lain.

Nah bagaimana cara mengaktifkannya? Berikut panduannya seperti dikutip dari laman resmi Google Indonesia.

Pertama, jika Anda belum memiliki aplikasi Google App, terlebih dulu unduh dan pasanglah aplikasi tersebut di perangkat Anda. Setelah terpasang bukalah aplikasi tersebut dan masuklah pada menu setting.

Setelah masuk, tap-lah kolom penelusuran bahasa kemudian cari bahasa Indonesia. Setelah ditemukan maka pilihlah.

Setelah selesai, maka Anda dapat menggunakan fitur pencarian OK Google dengan bahasa Indonesia. Caranya, masuklah pada aplikasi Google App kemudian sentuh ikon bergambar microfon yang berada di pojok kanan atas.

Atau bisa juga memanggil Ok Google dengan menekan tombol home agak lama. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: