Momen haru Lebaran ala Menteri Pariwisata Arief Yahya

Rabu, 22 Juli 2015 | 06:38 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Mudik ke kampung halaman saat Lebaran kerap menjadi momen indah bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya saat pulang ke kampung halamannya, Banyuwangi. Menpar merasa hatinya penuh haru kebahagiaan setiap pulang ke daerah yang berjuluk "The Sunrise of Java" itu

Menpar Arief memang memiliki tradisi rutin pulang kampung setiap Lebaran. Selain untuk silaturahim dengan keluarga besarnya, tradisi mudik Lebaran ini dimanfaatkan Menpar untuk bernostalgia  dengan teman-teman sekolahnya dulu. "Kemarin saya ajak kumpul temen-temen. Selalu ada saja yang menyenangkan," ujar Arief.

Selain rutin bertemu dengan teman masa kecilnya, Menpar juga hadir di acara Forum Diaspora Banyuwangi yang digelar oleh Pemkab Banyuwangi pada Senin 20 Juli di Pendopo Kabupaten. Forum itu memfasilitasi para perantauan asal Banyuwangi yang sedang mudik untuk saling melepas kangen sekaligus berdiskusi untuk memberi kontribusi bagi daerah.

Diakatakan Menpar, dirinya merasa perlu hadir di acara ini untuk memberikan kontribusi kepada Banyuwangi bersama-sama dengan perantau lain. "Harus ada sumbangan nyata untuk setiap tanah kelahiran kita. Sebagai salah satu bukti bakti kita kepada kampung halaman," kata Arief. 

Mantan dirut Telkom itu pun terlihat trenyuh saat berkumpul dengan ratusan diaspora (perantau asal Banyuwangi). Apalagi saat menyanyikan lagu khas daerah itu, yaitu Tanah Kelahiran. Arief terlihat berkaca-kaca dan menangis.

“Saya selalu kemesut, trenyuh yang sangat, setiap ingat tanah kelahiran. Rasanya ada di dalam dada sekali,. Kita ini kan sudah lama tidak pulang kampung. Apalagi melihat ini terasa ada di dalam kalbu,” kata Arief. kbc4

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: