Proyek pembangunan LRT resmi dimulai

Rabu, 09 September 2015 | 09:56 WIB ET

Jakarta, kabarbisnis.com - Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan resmi dimulai dengan acara groundbreaking atau pemancangan tiang pertama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pembangunan kereta LRT dengan ini dimulai," kata Presiden dalam sambutannya pada groundbreaking LRT di Jakarta, Rabu (9/9).

"Infrastruktur Indonesia masih tertinggal, utamanya pembangunan infrastruktur transportasi massal. Ini yang harus dipercepat. Sesuatu yang tertunda lama, sudah saatnya kita mulai," lanjut Jokowi.

PT Adhi Karya Tbk sebagai pelaksana proyek mengusulkan desain trase moda elevated berbasis rel dengan pilihan moda LRTuntuk mengatasi kemacetan di Jakarta dan kota-kota penyangganya.

"LRT merupakan salah satu moda transportasi massal berbasis rel yang ramah lingkungan dan pembangunannya dilakukan secara elevated di atas tanah ruang milik jalan tol dan non tol," kata Direktur Utama Adhi Karya, Kiswodarmawan.

Tahap pelaksanaan pembangunan dibagi dalam dua tahap. Lintas pelayanan tahap I dimulai pada akhir 2015 dan direncanakan selesai pada 2018. Sedangkan lintas pelayanan LRT tahap II dimulai pada kuartal akhir 2016 dan selesai pada 2018. LRT ini menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. kbc12

Bagikan artikel ini: