loading...
Kategori
UmumPolitik
Mode Baca

Anggota DPR RI dan DPD resmi berganti

Online: Kamis, 01 Oktober 2009 | 18:37 wib ET

JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2009-2014 resmi dilantik usai mengucapkan sumpah dan jabatan sebagai anggota dewan di Gedung MPR/DPR di Jakarta, Kamis (1/10/09).

Pengucapan sumpah dan jabatan itu dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa. Sebanyak 560 anggota DPR diambil sumpahnya dengan disaksikan oleh para pemuka agama.

Seperti dilansir laman Depkominfo, Ketua MA mengingatkan para anggota dewan itu mengenai makna dan arti sumpah yang diucapkannya. "Sumpah ini mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, Pancasila, serta UUD 1945. Apakah Saudara bersedia?" tanya Harifin.

Semua anggota dewan kemudian bersama-sama menjawab, "Bersedia!"

Ketua MA kemudian membacakan janji sumpah itu kalimat per kalimat, diikuti para anggota dewan terpilih.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945."

“Saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kehidupan demokrasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.”

“Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional dan demi kepentingan bangsa dan negara RI."

Acara pelantikan anggota DPR melalui sidang paripurna DPR itu dipimpin Ketua DPR sementara Marzuki Alie dari Partai Demokrat dan Wakil Ketua DPR sementara dari Partai Golkar, Priyo Budi Santoso.

Keduanya sebenarnya sudah resmi dipilih partainya masing-masing untuk memimpin DPR, namun belum disahkan melalui sidang paripurna.

Partai Demokrat berhak atas kursi Ketua DPR setelah memenangi Pemilu Legislatif 2009 dengan raihan 148 kursi, sedangkan Golkar menjadi peraih suara terbanyak kedua dengan 106 kursi dan berhak atas wakil ketua.

Sedangkan pimpinan DPD sementara diambil dari anggota DPD yang tertua, yakni Mudafarsyah (74) dari Maluku Utara, sedangkan wakil ketua sementara adalah anggota termuda DPD, Percha Leanpuri dari Sumatera Selatan yang berusia 23 tahun.

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
11/29/2014
12.254
IHSG
11/28/2014
5.149,89
4,57 (0,09%)